Prakata …
Dewasa ini kebutuhan Random Access Memory memang semakin meningkat. Beberapa waktu lalu RAM yang dibutuhkan untuk memainkan Daytona dan Fifa 98 hanyalah 16MB. Lalu bengkak di beberapa aplikasi DX6.1 menjadi rata-rata 32MB. Meningkat lagi saat DirectX sedang heboh bersaing dengan OpenGL, yep, saya masih ingat betul hingga "meminta lebih" anggaran SPP dan SKS kuliah untuk "diselewengkan" guna menambah RAM hingga menjadi 64MB demi Quake 3 Arena. Semakin maju dunia gaming PC, maka meningkat pula kebutuhan RAM itu … 128MB, 512MB dan hingga akhirnya sekarang umum memakai 2GB RAM. Didukung dengan teknologi yang makin maju dengan harga memory yang makin murah, maka "perkembangbiakan" kebutuhan RAM itu menjadi mutlak.


Bagaimana RAM bekerja dalam real time gaming?
Saya akan mencoba memaparkan secara garis besar saja cara kerja RAM khususnya di aplikasi game.

Saat aplikasi game di jalankan, file-file game (dari folder installasi) di hard disk dibaca, lalu dikirim ke RAM. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa RAM itu JAUH lebih cepat daripada hard disk. Jika data yang harus dikirim ke RAM itu melebihi kapasitas RAM, maka beberapa ada yang mengendap sementara di paging file ato virtual memory yang sudah dikoordinasi oleh OS. Nah, jangan heran jika ada game sinting yang "on-the fly" butuh ngirim data sebesar 1.5GB ke RAM, maka sudah pasti kita akan menjumpai adegan terputus-putus jika dengan RAM 2GB. Terlalu banyak data yang mengendap di paging files, dan hard disk juga terlalu pelan apabila dibandingkan dengan RAM.

Back to schematic, sudah pasti data-data temporary itu lalu dikirim ke Processor untuk "diterjemahkan".

Oleh processor, data itu dipilah-pilah. Si processor itu membaca apa yang dikirim oleh RAM, lalu dengan hitungan se-per-sekian detik, processor menulis lagi ke RAM untuk kemudian dikirim lagi ke semua yang menancap di motherboard, terutama (untuk gaming) ya Graphic Card, dan soundcard. Di bahasa "gaul"-nya hardware, hal ini sering kita jumpai dengan istilah Read and Write.

Berulang, berulang dan berulang …


Anggapan bahwa RAM sebesar 2GB yang sudah lebih dari cukup itu bisa saya nyatakan 90% benar untuk game jaman sekarang under Windows XP. Bagaimana dengan Windows Vista?