Welcome

menu

Bambang Gene

Kamis, 31 Maret 2011

Bambang Gene


Filosofi Dari Sajian Nasi Tumpeng

Posted: 30 Mar 2011 08:13 AM PDT

Tumpeng merupakan sajian nasi kerucut dengan aneka lauk pauk yang ditempatkan dalam tampah (nampan besar, bulat, dari anyaman bambu). Tumpeng merupakan tradisi sajian yang digunakan dalam upacara, baik yang sifatnya kesedihan maupun gembira.

Tumpeng dalam ritual Jawa jenisnya ada bermacam-macam, antara lain : tumpeng sangga langit, Arga Dumilah, Tumpeng Megono dan Tumpeng Robyong.


Tumpeng sarat dengan simbol mengenai ajaran makna hidup. Tumpeng Robyong sering dipakai sebagai sarana upacara Slametan (Tasyakuran). Tumpeng Robyong merupakan simbol keselamatan, kesuburan dan kesejahteraan.

Tumpeng yang menyerupai Gunung menggambarkan kemakmuran sejati. Air yang mengalir dari gunung akan menghidupi tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan yang dibentuk Robyong disebut semi atau semen, yang berarti hidup dan tumbuh berkembang.

Pada jaman dahulu, tumpeng selalu disajikan dari nasi putih. Nasi putih dan lauk-pauk dalam tumpeng juga mempunyai arti simbolik.



Nasi putih

Berbentuk gunungan atau kerucut yang melambangkan tangan merapat menyembah kepada Tuhan. Juga, nasi putih melambangkan segala sesuatu yang kita makan, menjadi darah dan daging haruslah dipilih dari sumber yang bersih atau halal.

Bentuk gunungan ini juga bisa diartikan sebagai harapan agar kesejahteraan hidup kita pun semakin "naik" dan "tinggi".


Ayam: ayam jago (jantan)

Dimasak utuh dengan bumbu kuning/kunir dan diberi areh (kaldu santan yang kental), merupakan simbol menyembah Tuhan dengan khusuk (manekung) dengan hati yang tenang (wening). Ketenangan hati dicapai dengan mengendalikan diri dan sabar (nge"reh" rasa).

Menyembelih ayam jago juga mempunyai makna menghindari sifat-sifat buruk yang dilambangkan oleh ayam jago, antara lain: sombong, congkak, kalau berbicara selalu menyela dan merasa tahu/menang/benar sendiri (berkokok), tidak setia dan tidak perhatian kepada anak istri.


Ikan Lele

Dahulu lauk ikan yang digunakan adalah ikan lele bukan bandeng atau gurami atau lainnya. Ikan lele tahan hidup di air yang tidak mengalir dan di dasar sungai. Hal tersebut merupakan simbol ketabahan, keuletan dalam hidup dan sanggup hidup dalam situasi ekonomi yang paling bawah sekalipun.



Ikan Teri / Gereh Pethek

Ikan teri/gereh pethek dapat digoreng dengan tepung atau tanpa tepung. Ikan Teri dan Ikan Pethek hidup di laut dan selalu bergerombol yang menyimbolkan kebersamaan dan kerukunan.


Telur

Telur direbus pindang, bukan didadar atau mata sapi, dan disajikan utuh dengan kulitnya, jadi tidak dipotong, sehingga untuk memakannya harus dikupas terlebih dahulu.

Hal tersebut melambangkan bahwa semua tindakan kita harus direncanakan (dikupas), dikerjakan sesuai rencana dan dievaluasi hasilnya demi kesempurnaan.

Piwulang jawa mengajarkan "Tata, Titi, Titis dan Tatas", yang berarti etos kerja yang baik adalah kerja yang terencana, teliti, tepat perhitungan,dan diselesaikan dengan tuntas.

Telur juga melambangkan manusia diciptakan Tuhan dengan derajat (fitrah) yang sama, yang membedakan hanyalah ketakwaan dan tingkah lakunya.


Sayuran dan Urab-uraban

Sayuran yang digunakan antara lain kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, kluwih dengan bumbu sambal parutan kelapa atau urap. Sayuran-sayuran tersebut juga mengandung simbol-simbol antara lain:

  1. Kangkung berarti jinangkung yang berarti melindung, tercapai.
  2. Bayam (bayem) berarti ayem tentrem,
  3. Taoge/cambah yang berarti tumbuh,
  4. Kacang panjang berarti pemikiran yang jauh ke depan/inovatif,
  5. Brambang (bawang merah) yang melambangkan mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang baik buruknya,
  6. Cabe merah diujung tumpeng merupakan symbol dilah/api yang meberikan penerangan/tauladan yang bermanfaat bagi orang lain.
  7. Kluwih berarti linuwih atau mempunyai kelebihan dibanding lainnya.
  8. Bumbu urap berarti urip/hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga.

Pada jaman dahulu, sesepuh yang memimpin doa selamatan biasanya akan menguraikan terlebih dahulu makna yang terkandung dalam sajian tumpeng. Dengan demikian para hadirin yang datang tahu akan makna tumpeng dan memperoleh wedaran yang berupa ajaran hidup serta nasehat.

Dalam selamatan, nasi tumpeng kemudian dipotong dan diserahkan untuk orang tua atau yang "dituakan" sebagai penghormatan.

Setelah itu, nasi tumpeng disantap bersama-sama. Upacara potong tumpeng ini melambangkan rasa syukur kepada Tuhan dan sekaligus ungkapan atau ajaran hidup mengenai kebersamaan dan kerukunan.

Ada sesanti jawi yang tidak asing bagi kita yaitu: "Mangan ora mangan waton kumpul (makan tidak makan yang penting kumpul)." Hal ini tidak berarti meski serba kekurangan yang penting tetap berkumpul dengan sanak saudara.

Pengertian sesanti tersebut yang seharusnya adalah mengutamakan semangat kebersamaan dalam rumah tangga, perlindungan orang tua terhadap anak-anaknya, dan kecintaan kepada keluarga.

Dimana pun orang berada, meski harus merantau, haruslah tetap mengingat kepada keluarganya dan menjaga tali silaturahmi dengan sanak saudaranya.Terima kasih

Sepeda Pancal Tercepat Di Dunia Dengan Kecepatan 133 km/jam

Posted: 30 Mar 2011 07:34 AM PDT

Normalnya orang bersepeda paling cepat adalah sekitar 50-70 kilometer per jam saja dan kalau membawa sepeda motor kecepatannya hanya 80-120 saja. Tetapi sepeda canggih tercepat di dunia ini mempunyai kecepatan 133 Km/jam, sungguh luar biasa.


Sepeda tersebut diproduksi oleh perusahaan asal Kanada bernama Varna Innovation & Research Corporation. Sepeda tercepat itu dikendarai oleh Sam Whittingham dan di desain oleh Georgi Georgiev.

Ternyata perusahaan ini sudah menjadi langganan pemecah rekor sepeda tercepat hampir setiap tahun dan setiap kategori. Penentuan pemecahan rekor diambil di Battle Mountain, Nevada, USA pada tahun 2009.


Rekor 82.819 mph atau 133,28 km/jam dicetak pada kategori 200m men flying start, yaitu pembalap laki-laki yang menempuh jarak 200 meter dengan start sudah dalam keadaan berjalan dengan kecepatan tertentu dan ketika menyentuh titik start maka pembalap baru diijinkan memacu sepedanya semaksimal mungkin(flying start).

Jika anda suka menonton balap mobil Nascar atau A1 GP, ya mirip-mirip begitu. Rekor tersebut juga telah diakui oleh VIATeC Victoria Canada.


Sepeda ini berbentuk recumbent bicycle yang cara mengendarainya dengan berbaring, kaki selonjor menggenjot pedal dan tangan berada pada handlebar yang sejajar dengan dada atau leher pengemudi. Mirip seperti mengemudi mobil F1.

Karena dibutuhkan aerodinamika yang baik maka sepeda tersebut ditutup dengan fairing berbahan ringan dan berbentuk pipih seperti badan ikan. Bahkan roda juga tertutup hanya meyisakan 1/4 bagian saja yang terlihat.

Walaupun demikian, pengendara tetap bisa meilhat track karena terdapat bahan yang juga ringan namun bening sehingga layaknya kokpit jet tempur.Terima kasih

Jenis-jenis Sepeda Gunung

Posted: 30 Mar 2011 07:30 AM PDT

Pada dasarnya terdapat lima jenis sepeda gunung atau MTB: cross country, trail, downhill, freeride dan dirt jump. Tiap jenis dirancang untuk medan yang berbeda.

Tiap-tiap jenis sepeda memiliki manfaat dan kerugiannya masing-masing. Saat memilih sepeda gunung (MTB), ketahui dimana Anda akan mengendarainya dan jenis rintangan apa yang akan Anda hadapi.


1. Cross country
http://www.plunderguide.com/wp-content/uploads/2009/05/2009-bmw-cc-mountainbike.jpg

Sepeda ini juga dikenal dengan sebutan XC. Sepeda ini dirancang untuk jalur off-road dengan rintangan minim hingga menengah. Sepeda ini dibagi menjadi dua yakni, hardtail mountain bike yang suspensinya hanya berada di depan dan full-suspension mountain bike (fulsus) yang meiliki dua suspensi, depan dan belakang.

Menggunakan hardtail mountain bike, Anda bisa memiliki teknik mengayuh yang baik tanpa perasaan seperti memental. Sepeda ini jauh lebih awet dibanding full-suspension mountain bike dan tak terlalu menuntut perawatan.

Pada full-suspension mountain bike, suspensi depan dan belakang terintegrasi pada rangka sepeda. Sepeda ini jauh lebih nyaman dikendarai dibanding hardtail mountain bike. Di beberapa sepeda, suspensi belakangnya (dan juga depan) bisa dimatikan atau tidak berfungsi.



2. Trail
http://bikereviews.com/wp-content/uploads/2010/03/specialized-sx-trail-ii-2-2008-mountain-bike.jpg

Sepeda ini pada dasarnya merupakan modifikasi cross country namun menggunakan sistem suspensi yang lebih halus untuk mengatasi rintangan yang lebih sulit dan lebih teknis.

Kekurangannya, kayuhan sepeda ini butuh sedikit usaha yang lebih dari pengendaranya akibat meningkatnya suspensi. Tapi saat ini sudah ada teknologi suspensi belakang dan depan yang bisa dimatikan jika tak dibutuhkan.



3. Downhill
http://image.made-in-china.com/2f0j00fMWamVtgaOkR/Santa-Cruz-V10-Full-Suspension-Downhill-Mountain-Bike-Santa-Cruz-V10-.jpg

Sepeda ini dirancang untuk menuruni bukit. Sepeda ini dibuat seringan mungkin sehingga cocok untuk balapan turun. Karena sepeda ini dirancang untuk menuruni bukit, hal ini membuat sepeda ini sulit menaiki bukit.



4. Freeride
http://www.besportier.com/archives/mountain-bikes-on-special-konacoil-air-freeride.jpg

Sepeda ini mirip sepeda downhill namun dirancang agar lebih mudah untuk dikayuh. Sepeda ini merupakan perpaduan cross country dan downhill. Namun, sepeda ini tak akan bekerja sebaik kedua sepeda tersebut jika Anda menginginkan fitur tertentu.



5. Dirt Jump (DJ)
http://www.bikerumor.com/wp-content/uploads/2010/07/scott-bicycles-voltage-24-dirt-jump-mountain-bike01.jpg

Sepeda ini digunakan untuk melompat, dikendarai di jalan dan balap slalom. Beberapa orang menganggap sepeda ini merupakan versi besar BMX yang memiliki suspensi depan. Sepeda ini dirancang agar kuat menahan beban saat melompat.

5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan Anda

Posted: 30 Mar 2011 07:09 AM PDT

Banyak cara untuk hidup lebih sehat. Salah satunya adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Dengan merawat binatang, kehidupan Anda bisa lebih berkualitas, bukan hanya dalam hal kesehatan fisik tetapi juga psikis.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7yzEV1YVIhQxmr9ZmrEVkEZ5iiYmbb7yXFGqnRqffeQ4N8Z8Ay2WLZgqd_dnrJyPjgn1-kxFFpEdIj74ReOxh09iP1ExbQGACw7PHRPtmDHgugLUzfZX586r8jcTR7abodZBZmElK2ZA/s1600/pets.jpg

Jika Anda belum pernah memiliki binatang peliharaan, tidak ada salahnya untuk mencoba. Seperti dilansir dari Woman's Day, ada lima manfaat bisa Anda dapatkan.

1. Mengurangi stres

Penelitian yang dilakukan tim dari State University of New York, menemukan bahwa ketika seseorang melakukan pekerjaan yang penuh tekanan, kadar stresnya berkurang saat ditemani hewan peliharaannya. Hal ini jika dibandingkan ditemani dengan pasangan, teman dekat, atau anggota keluarga lain.


2. Menurunkan tekanan darah

Memiliki hewan peliharaan juga berpotensi untuk menurunkan tekanan darah, terutama pada pasien hipertensi. Hal itu menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat.

"Jika ada hewan peliharaan di sekitar Anda, tekanan darah bisa menurun," kata Marty Becker, penulis buku "Your Dog: The Owner's Manual".


3. Mengurangi rasa sakit

Percaya atau tidak, binatang adalah obat pereda rasa sakit terbaik. Terutama bagi orang yang mengalami migrain atau nyeri otot kronis. "Seperti Valium, memiliki hewan peliharaan bisa mengurangi kecemasan. Kegelisahan berkurang berarti rasa nyeri berkurang," kata Becker.


4. Menurunkan kolesterol

Menurut CDC, memiliki hewan peliharaan, membuat jantung lebih sehat karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Diketahui bahwa pria yang memiliki hewan peliharaan, level trigliserida (lemak) dan kolesterolnya lebih rendah dibandingkan pria yang tidak memiliki hewan peliharaan.


5. Mencegah stroke

"Jika Anda memiliki kucing, risiko serangan jantung berkurang hingga 30 persen. Lalu risiko stroke bisa berkurang hingga 40 persen," kata Dr. Becker. Bukan hanya itu, hewan peliharaan juga bisa membantu pemulihan pasien yang terkena serangan jantung.

Menurut Becker, jika seseorang pernah mengalami serangan jantung dan memiliki hewan peliharaan, kemungkinan hidupnya delapan kali lebih besar


Teori Albert Einstein Menumbangkan Issac Newton

Posted: 30 Mar 2011 03:48 AM PDT


Albert Einstein Biography and Pictures: Albert Einstein in his later years: 'I advocate world government because I am convinced that there is no other possible way of eliminating the most terrible danger in which man has ever found himself. The objective of avoiding total destruction must have priority over any other objective.'Albert Einstein: Newton forgive me….Itu kata-kata Albert Einstein saat teori yang dihasilkannya ternyata berhasil menggulingkan teori Isaac Newton, seorang fisikawan legendaris, yang teorinya dipercaya oleh dunia sebelum munculnya teori Einstein yang mengobrak-abrik semuanya. Albert Einstein membuat heboh dengan Teori Relativitas Khusus (The Special Theory of Relativity) yang ditelorkannya pada tahun 1905. Sebentar lagi, teori yang pernah mengagetkan dunia ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke-100! Perayaan seabadnya (Centenary) teori si jenius Albert Einstein ini bisa dilihat dari ramainya majalah-majalah ilmiah yang mulai membahas kembali teori yang sudah mengguncang dunia selama seratus tahun ini. Tahun 2005 bahkan dicanangkan sebagai The World Year of Physics untuk mengenang kebesaran Einstein. Apa sih istimewanya teori ini? Koq seluruh dunia begitu heboh merayakan kelahirannya ini? Yuk, kita ikut dalam gosip seru tentang apa yang menjadi dasar lahirnya teori ini…
Seorang ahli matematika dari Perancis, Jules Henri PoincarĂ©, pernah mengajukan perumpamaan berikut. Di suatu malam, kita sedang asyik tidur dengan lelap di tempat tidur kita yang nyaman. Tiba-tiba seluruh jagad raya mengembang sehingga ukurannya menjadi seribu kali lebih besar dari ukuran semula. Seluruh jagad raya ini maksudnya semua benda di bumi dan di luar bumi, mulai dari benda-benda mati sampai semua jenis makhluk hidup, termasuk kita sendiri yang sedang lelap tertidur. Karena kita sedang asyik bermimpi, kita tidak menyadari kejadian ini. Sewaktu kita terbangun di pagi harinya, apa kita bisa merasakan bahwa semuanya sudah menjadi lebih besar? Apa kita bisa merasakan perbedaannya? Kalaupun kita diberi tahu bahwa ada kejadian menghebohkan tersebut saat kita tertidur, apakah ada yang bisa membuktikannya? Pasti kita tidak merasakan perbedaan apa pun walaupun seluruh jagad raya kini sudah berubah ukurannya. Ini karena semuanya ikut berubah sehingga tidak ada satu pun yang bisa dijadikan patokan untuk mengukur terjadinya perubahan tersebut. Karena itu, kita juga tidak mungkin bisa membuktikan bahwa seluruh jagad raya ini kini telah menjadi seribu kali lebih besar. Semua terlihat sama. Lain halnya jika hanya tubuh kita yang tiba-tiba menciut menjadi sangat kecil (ingat film fiksi Honey, I Shrunk the Kids!), sedangkan seluruh jagad raya tetap pada ukurannya semula. Tidak ada satu pun yang berubah ukuran kecuali tubuh kita sendiri. Wah, sudah pasti kita langsung panik karena kita bisa langsung merasakan perbedaan itu. Kita langsung tahu apa yang terjadi karena kita bisa melihat bahwa sekeliling kita tiba-tiba tampak seperti raksasa. Baju yang kita pakai tiba-tiba kedodoran, dan cincin yang biasa melingkar manis di jari kita tiba-tiba tampak seperti lingkaran raksasa yang berat dan menyeramkan karena hampir jatuh menimpa tubuh kerdil kita itu. Tetapi, apakah itu berarti bahwa tubuh kita yang mengecil, atau sekeliling kita yang tiba-tiba membesar? Hmm… bingung juga ya!
Bagaimana cara kita menentukan mana yang besar dan mana yang kecil? Apakah planet bumi yang kita tempati ini bisa disebut berukuran besar? Kalau dibandingkan dengan ukuran bola basket yang biasa kita mainkan di sekolah, tentu saja planet bumi ini tampak seperti bola raksasa yang sangat besar! Tetapi kalau kita bandingkan dengan matahari, planet bumi ini termasuk kecil! Jadi, yang mana yang benar? Besar atau kecil? Tidak ada yang benar, dan tidak ada yang salah! Itulah letak permasalahannya. Ukuran tidak bisa dinyatakan secara absolut. Untuk mengukur sesuatu kita perlu sesuatu yang lain sebagai perbandingannya. Ini berarti bahwa ukuran (orang fisika lebih senang menyebutnya sebagai: Length) selalu bersifat relatif, tidak ada yang mutlak berukuran besar ataupun kecil.
Sekarang kita coba lihat kasus lain. Masih ingat cerita si Kancil yang gesit dan lincah? Kancil bisa berlari sangat cepat. Tunggu dulu! Apa benar kancil itu cepat? Kalau dibandingkan dengan siput, sudah pasti si kancil terlihat sangat cepat. Kalau dibandingkan dengan juara olimpiade pun kancil masih terlihat sangat cepat. Tetapi kalau kita bandingkan dengan pesawat terbang, tentu saja si kancil jadi terlihat begitu lambat. Apa ini berarti pesawat terbang itulah yang cepat? Tidak juga! Kalau kita lihat roket yang meluncur ke luar angkasa, kita bisa langsung tahu bahwa roket itu jauh lebih cepat dari pesawat terbang biasa. Ini berarti, kecepatan pun merupakan sesuatu yang relatif. Kita juga bisa membuktikan ini saat kita sedang mengantar saudara kita yang akan pergi ke luar kota naik kereta api cepat. Sewaktu kereta mulai meluncur, kita melihat saudara kita itu melesat dengan cepat. Tetapi di dalam kereta itu sendiri, orang yang duduk di sebelah saudara kita itu melihat bahwa saudara kita itu duduk diam dan tenang di sebelahnya. Jadi, bagi kita yang sedang berada di luar kereta yang sedang meluncur itu, saudara kita memang terlihat bergerak dengan cepat. Tetapi bagi semuanya yang ada di dalam kereta, ia terlihat sedang diam. Jadi, waktu (Time) tidak mempunyai nilai absolut, sama seperti ruang (Space). Semuanya harus selalu dibandingkan dengan sesuatu yang bisa dijadikan patokan. Misteri inilah yang diutak-atik oleh otak jenius Einstein sehingga melahirkan teori relativitasnya yang terkenal itu. Semua hal yang tampak sebagai sesuatu yang absolut ternyata merupakan sesuatu yang relatif.
Ada dua postulat dalam teori relativitas khusus ini. Yang pertama menyatakan bahwa semua hukum fisika yang berlaku di bumi, berlaku juga di seluruh jagad raya. Yang kedua menyatakan bahwa kecepatan cahaya di ruang hampa selalu konstan (sekitar tiga ratus juta meter per detik, atau sering ditulis dalam bentuk kerennya: 3.108 meter per detik). Postulat yang kedua ini menunjukkan bahwa bagaimanapun cara kita mengukurnya, kecepatan cahaya tidak pernah berubah. Apa pun patokan yang kita gunakan untuk mengukur kecepatan cahaya, di mana pun posisi kita saat mengukur, dan berapa pun kecepatan kita (apakah kita sedang bergerak atau sedang duduk diam) saat mengukur, kecepatan cahaya selalu konstan. Ini menunjukkan bahwa kecepatan cahaya merupakan satu-satunya yang bersifat absolut. Postulat yang pertama pun menyatakan bahwa kondisi ini selalu berlaku di mana pun juga. Ini berarti, jika kita mengukur kecepatan cahaya di galaksi lain, kita tetap mendapatkan hasil yang sama, yaitu tiga ratus juta meter per detik!
Postulat-postulat Einstein ini ternyata memberi dampak besar bagi dunia. Ia pernah mencoba menjelaskan efek yang dihasilkan dari teorinya ini dalam perumpamaan berikut. Misalnya ada sebuah kereta yang sedang meluncur cepat. Si A sedang duduk dengan tenang dalam salah satu gerbong kereta itu. Si B sedang berdiri diam di luar kereta dan mengamati kereta yang meluncur di depannya itu. Sewaktu gerbong kereta yang dinaiki si A meluncur tepat di depannya, tiba-tiba ada kilat menyambar di dua tempat yang berbeda. Kilat pertama menyambar 100 meter di sebelah kanan B, sedangkan kilat yang satunya lagi menyambar 100 meter di sebelah kiri B. Saat kedua kilat menyambar, posisi A tepat di depan B. Karena si B sedang berdiri diam di luar kereta yang sedang meluncur, si B melihat kedua kilat itu menyambar pada saat yang bersamaan. Tetapi lain halnya dengan si A. Si A yang sedang berada di dalam kereta yang meluncur cepat (ke arah kanan si B) melihat kedua kilat menyambar satu per satu. Kilat yang pertama terlihat lebih dulu, beberapa saat kemudian baru kilat yang kedua terlihat oleh A. Padahal jarak A terhadap kilat pertama dan kedua sama dengan jarak B terhadap kedua kilat itu. Perbedaan ini disebabkan bedanya kerangka acuan A dan B (frame of reference). Si A sedang 'meluncur', sedangkan si B sedang berdiri 'diam'. Karena si A sedang bergerak menuju kilat yang pertama, tentu saja kilat yang pertama itu terlihat lebih dulu. A bergerak menjauhi kilat yang kedua, sehingga kilat yang kedua tampak menyambar sesudah kilat yang pertama. Bagi si B yang sedang diam dan tidak mendekati maupun menjauhi kedua kilat itu, keduanya tampak menyambar pada waktu yang bersamaan. Yang mana yang benar? Keduanya benar! Tidak ada yang salah. Karena itulah ini dinamakan relativitas. Semua bergantung pada kerangka acuan yang digunakan. Dan apa pun kerangka acuannya, hukum-hukum fisika yang sama selalu berlaku (postulat 1). Sekarang jika si A dan si B sama-sama diminta untuk menghitung kecepatan cahaya, apa hasilnya akan berbeda? Tidak! Walaupun si A sedang bergerak dan si B sedang diam, keduanya akan mendapati bahwa kecepatan cahaya tetap tiga ratus juta meter per detik.
Ada konsekuensi dari teori relativitas ini. Yang paling terkenal adalah mulurnya waktu dan kontraksi panjang. Mulurnya waktu, atau bahasa kerennya Time Dilation, ini maksudnya bahwa jika suatu jam bergerak dengan kecepatan tertentu, waktunya akan memuai (mulur). Misalnya ada seorang astronot yang membawa jam tangannya saat menjalankan misi ke luar angkasa. Pesawat luar angkasa yang membawanya meluncur sangat cepat. Jika kita, yang berada di bumi, punya teropong yang sangat sensitif dan bisa melihat ke dalam pesawat yang sedang meluncur cepat itu, kita bisa menggunakan teropong itu untuk mengintip jam tangan si astronot. Sebelum si astronot berangkat kita sudah menyesuaikan jam tangan itu dengan jam tangan yang kita gunakan di bumi. Aneh, di jam tangan si astronot yang sedang meluncur di luar angkasa itu koq lebih lambat dibanding jam tangan kita di bumi? Padahal sebelum ia berangkat kedua jam sudah dicocokkan dan si astronot tidak mengubahnya sama sekali sejak keberangkatannya itu. Jarum detiknya tampak bergerak lebih lambat dibanding jarum detik di jam tangan kita. Inilah yang disebut dengan waktu yang mulur saat bergerak pada kecepatan tinggi. Semakin besar kecepatan gerak suatu benda atau partikel, waktu akan berjalan semakin lambat bagi benda atau partikel tersebut! Tentu saja hal ini tidak dirasakan oleh si astronot. Menurut si astronot, jam tangannya tidak berubah kecepatannya, yang berubah justru kecepatan jam tangan kita di bumi yang tampak bergerak lebih cepat. Hal ini disebabkan segala sesuatu di dalam pesawat astronot bergerak lambat termasuk proses metabolisma tubuh, getaran atom dan sebagainya.
Kontraksi panjang juga berkaitan dengan perbedaan kecepatan. Misalnya si astronot agak lelah, lalu mulai berbaring di tempat tidur yang sudah disediakan di pesawat luar angkasanya. Dengan teropong yang sama, kita bisa mengintip si astronot yang tidur berbaring itu. Aneh, sewaktu berbaring koq si astronot tampak lebih pendek? Sewaktu ia masih di bumi dan pesawatnya belum berangkat, ia tampak tinggi. Lebih aneh lagi, sewaktu ia sudah terbangun lagi dari tidurnya dan kembali berdiri, tiba-tiba ia kelihatan tinggi seperti biasa. Tetapi ia juga kelihatan lebih kurus saat berdiri! Ada apa ini? Apa ia menyusut sewaktu sedang tidur? Tentu tidak!  Karena ia sedang berada dalam pesawat yang meluncur cepat, saat ia tidur kita melihat panjang tubuhnya menciut (terjadi kontraksi panjang). Saat ia berdiri, kita melihat lebar tubuhnya menciut (juga merupakan kontraksi panjang). Ia sendiri tidak merasakan perubahan apa-apa di dalam pesawat. Nah, inilah serunya teori relativitas!
Tunggu dulu! Ada yang lebih seru lagi dari ini. The Twin Paradox. Apa itu? Misalnya kita pergi ke ruang angkasa menggunakan pesawat yang meluncur sangat cepat menjauhi bumi, dan kemudian kembali lagi ke bumi sepuluh tahun setelah pesawat lepas landas. Bagi kita yang berada di pesawat itu, kita hanya pergi selama satu tahun saja (karena adanya time dilation)! Jika kita punya saudara kembar yang menunggu kita di bumi, kita bisa melihat sendiri bahwa saat kita mendarat, kembaran kita (yang lahirnya bersamaan dengan kita) sudah 9 tahun lebih tua dari kita! Ini adalah salah satu akibat dari dilatasi waktu. Aneh tapi nyata!
Teori relativitas khusus ini telah banyak digunakan oleh para fisikawan dalam menelorkan karya-karya hebatnya. Sudah banyak bukti-bukti yang menunjukkan kebenarannya. Inilah hebatnya Einstein! Ia menelorkan teori tersebut murni dari hasil pemikiran otaknya saja, tanpa ada bantuan dari siapapun. Ia tidak pernah berdiskusi dengan siapapun dan tidak pernah menjalankan percobaan apapun untuk mendukung teori ini. Tetapi ternyata teori ini justru terbukti benar saat beberapa fisikawan mencobanya dalam berbagai eksperimen. Teori Einstein yang menelorkan konsep kecepatan cahaya inipun membuat heboh dunia karena bertentangan dengan teori Newton. Menurut Newton, jika sebuah benda yang sedang bergerak akan terus bergerak pada kecepatan sama jika tidak ada gaya lain yang mempengaruhinya. Jika kita memberikan gaya tambahan (secara terus-menerus) pada benda yang bergerak itu, maka gerakannya akan terus dipercepat. Ini berarti kecepatannya terus bertambah sampai pada kecepatan tak hingga, asalkan kita terus memberikan gaya yang dibutuhkan untuk mempercepat benda itu.Einstein langsung menyatakan: "Newton, forgive me…" karena menurut Einstein ini tidak mungkin terjadi! Semakin besar kecepatan yang diinginkan semakin besar pula gaya yang harus diberikan. Untuk mencapai kecepatan cahaya, kita harus memberikan energi dalam jumlah yang tak hingga (infinite). Hal ini tidak mungkin bisa dilakukan karena energi hanya ada dalam jumlah tertentu (finite) sebagai akibat dari Hukum Kekekalan Energi (energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan). Jumlah energi yang tersedia tidak pernah bertambah sehingga kecepatan cahaya tidak mungkin bisa dicapai.
Disamping Teori Relativitas Khusus, Einstein juga mengembangkan Teori Relativitas Umum (The General Theory of Relativity). Dalam teori ini Einstein memperhitungkan pengaruh gravitasi pada cahaya. Einstein menunjukkan bahwa lintasan cahaya akan mengalami pembelokan ketika berada dekat dengan benda-benda luar angkasa yang besar-besar itu.  Tahu nggak, teori ini berhasil lolos ujian yang amat sulit, yaitu ketika menentukan gerakan presesi dari perihelion orbit planet Merkuri.  Kemudian pada tahun 1919 ketika terjadi gerhana matahari total di teluk Guinea, Afrika sekelompok ilmuwan Inggris berusaha membuktikan adanya pembelokan cahaya bintang ketika berada dekat sekali dengan matahari seperti yang diramalkan oleh Teori Relativitas Umum Einstein. Para astronomer memfoto berbagai posisi suatu bintang tertentu ke arah matahari dan kemudian mengulangi 6 bulan kemudian. Ternyata ramalan Einstein benar! Saat itu Einstein menjadi sangat terkenal.    Terima kasih

Seberapa Penting Fungsi Backlink

Posted: 30 Mar 2011 02:37 AM PDT

Baru posting beberapa artikel sudah sibuk mencari backlink, komen disana sini  jadi mirip spam. apa yang kamu harapkan? visitor? pagerank?
Kalo mengharapkan visitor, berapa banyak visitor yang datang dari backlink komen tersebut? ribuan? nggak yakin aku.
Apa iya dengan backlink banyak trus pagerank juga naik? trus dengan pagerank bagus (5 misalnya) visitor juga ikut naik? nggak juga !! Bukan berapa banyak backlink yang anda dapat, tapi kualitas pemberi link juga jadi faktor lain.
Katika ada yang bertanya mengenai backlink dan pagerank, aku selalu bilang, "nggak usah dipikirin dulu kalo baru mulai ngeblog, mending posting aja, bikin artikel yang menarik, dan posting sebanyak dan semampu kamu".
search engine ( google) memiliki banyak algoritma, ratusan, mungkin juga ribuan algoritma dalam menentukan SERP (Search Engine Results Page), salah satunya mungkin adalah backlink dan pagerank. Artinya, masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi hasil pencarian digoogle selain backlink dan pagerank. Jadi kalo backlink dan pagerank kita acuhkan, masih banyak faktor lain yang bisa mengangkat sebuah web untuk menempati posisi bagus di searh engine.
Aku percaya karena aku tau orang yang bisa punya visitor banyak dan earning ribuan dolar sebulan tanpa mikirin backlink dan pagerank, aku kenal juga orang yang web dengan backlink dan pagerank bagus dapat vistor banyak dan earning ribuan dolar.
Backlink, penting gak penting, itu terserah kepada pilihan masing-masing, dijalankan ya bagus, nggak nyari backlink yang banyak juga gak apa-apa. Lebih baik posting aja, mikirin konten, sambil nyari backlink, jangan sebaliknya. Posting baru 10 artikel, nyari backlink yang banyak biar pagerank bagus dan visitor banyak? mimpi aja, meskipun mimpi bisa jadi kenyataan, tapi kadang-kadang aja.Terima kasih

Pengertian Backlink

Posted: 30 Mar 2011 02:29 AM PDT

Bicara masalah SEO pasti tidak akan lupa tentang Backlink. Kalimat tersebut mungkin tidak asing di telinga atau seringnya anda menemukan di berbagai artikel. Sekarang pertanyaannya, apakah anda memahami kalimat tersebut?
Apa itu Backlink ?
Backlink adalah suatu hubungan imbal balik antar situs, hubungan tersebut berupa nama alamat situs. Alamat Situs A terdapat di situs B, begitu pun sebaliknya. 
Manfaat Backlink
Kalau anda memahami sekali masalah SEO, sudah dipastikan yang namanya backlink pasti penting banget manfaatnya. Manfaat backlink antara lain :
  • Dapat meningkatkan PageRank
  • Situs jadi lebih populer di Search Engine
  • Traffic pengunjung meningkat 
Dilihat dari 3 manfaat diatas kita pasti dapat  mengetahui sepenting apakah backlink itu

Bagaimana cara mendapatkan Backlink ?
Ini merupakan poin yang paling penting,yaitu bagaimana cara mendapatkan  Backlink.Ada berbagai cara agar kita mendapatkan backlink, antara lain :
  1. Setiap kita menuliskan artikel,tidak lupa kita menambahkan nama situs kita dalam artikel
  2. Aktif di berbagai forum diskusi online dan menyertakan signature , yaitu menuliskan alamat situs kita
  3. Saling tukar link
Sekarang pertanyaannya, apakah situs kita jadi terkenal dan mendapatkan pagerank yang tinggi apabila kita melakukan seperti cara diatas? jawabnya, tentu saja tidak. Mengapa demikian, karena memang ada aturannya tersendiri untuk itu.
Jika yang anda inginkan Pagerank yang meningkat :
  • Saling tukar link dengan tema yang sejenis, misal situs anda bertema SEO, jadi bertukarlah dengan yang bertema sejenis.
  • Menempatkan situs kita pada situs yang mempunyai pagerank lebih tinggi
Jika yang anda inginkan terkenal di search engine dan sering mendapatkan posisi yang atas dalam pencarian :
  • Lakukan saling tukar link sebanyak-banyaknya baik antar situs yang sejenis maupun yang tidak sejenis tema dengan situs kita.
Tapi dari berbagai cara mendapatkan backlink seperti diatas, cara yang paling bagus adalah cara alami,  yaitu seperti pada cara nomor 1,
Setiap kita menuliskan artikel,tidak lupa kita menambahkan nama situs kita dalam artikel. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan backlink dari berbagai situs. untuk itu sering-seringlah menulis artikel yang berkualitas dan jangan lupa mencantumkan alamat situs kamu si situ.

Agar Blog Serta Artikelnya Diindeks Google

Posted: 30 Mar 2011 02:20 AM PDT

mudah diindeks googleTips Mudah Blog Terbaca Mesin Google - Mungkin banyak artikel yang menulis bagaimana mengatasi blog dan artikel yang kita selesai posting segera diindeks mesin pencari, seperti : Google, Yahoo, MSN/Bing, dsb. Namun ada beberapa Tips Sederhana Biar Blog Cepet Diindeks Google, yang mana tips ini adalah resume dari beberapa artikel sejenis yang ada di internet dan hasil pengalaman dari penulis.

Tips dasar yang sederhana ini, semoga mudah dipahami terutama untuk para sahabat blogger yang baru main blog atau sekedar reviews bagi "abang dan nona" blogger senior sekalian (Hehehe.. Saya juga bru belajar ngeblog!). Just sharing aja sich!. Nah, cara yang pertama Agar Blog Serta Artikel Mudah Terindeks Google dan Mesin pencari lainnya adalah :

#DAFTARKAN DULU BLOG SOBAT KE MESIN PENCARI
#

Mungkin yang sudah sahabat blogger tahu, bahwa setelah membuat blog di beberapa hostingan gratis, seperti : Blogspot, Wordpress, Blogsome, Multiply, dsb, kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendaftarkan Blog yang sobat buat ke mesin pencari terjenal dan sering dipakai orang, a.l. : Google, Yahoo, MSN/Bing. Bagaimana caranya?

Daftar ke mesin pencari Google dan Webmaster.

Cukup dengan membuka halaman ini http://www.google.com/addurl/ kemudian masukkan URL Blog sobat, isi Comment dengan Keyword yang mewakili Blog sobat, entri Verifikasi Kata, Submit. Selesai.

Di Webmaster Google, sobat dapat memasang Metatags dan Sitemap yang diberikan Google. Caranya : Buka http://www.google.com/webmasters/ kemudian Sign In To Webmaster Tools dengan email dan password ketika masuk akun Blogger.

Setelah masuk, silakan klik ADD A SITE, masukkan alamat blog sobat lengkap, cth : http://www.kedaiobat.co.cc/ klik CONTINUE. Sobat akan dibawa ke Dashboard, klik saja Back To Home yang ada disebelah kanan.

Nanti akan muncul alamat Blog sobat, terus klik ADD OR REMOVE OWNERS disampingnya, masuk ke Verfications Details, terus klik VERIFY USING A DIFFERENT METHODE. Pilih Add a meta tag to your site's home page. Nanti akan muncul METATAG yang diberikan untuk blog sobat. Copy Metatag tersebut dihalaman DESAIN --> EDIT HTML paste-kan setelah <head> . Kemudian di Webmaster, klik VERIFY, beres dech!.

Terus Sitemap nya : Back To Home lagi, kemudian klik Blog sobat, nanti klik SITE CONFIGURATION --> SITEMAPS --> SUBMIT A SITEMAP --> masukkan alamat blog + atom.xml (cth : http://bambang-gene.blogspot.com/atom.xml) --> SUBMIT, Beres dech!

Daftar ke mesin pencari Yahoo dan MSN/Bing.

Di Yahoo, silakan buka alamat https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit (Catatan : Harus punya email Yahoo). Terus SUBMIT A SITE, masukkan lengkap. Terus SUBMIT FEED sekalian, masukkan alamat blog + atom.xml (kayak yang diatas ya..).

Di MSN/Bing, caranya gampang, tinggal sobat buka halaman http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 kemudian masukkan alamat blog lengkap, Verifikasi Kata, Submit.

#LAKUKAN BLOG PING SETIAP SETELAH POSTING SEBUAH ARTIKEL#

Nge-ping adalah kegiatan seperti memberitahukan ke beberapa mesin pencari, bahwa kita baru saja memosting sebuah artikel. Selain mesin pencari, nge-ping juga memberitahukan beberapa Feed Agregator kalau kita habis mosting artikel baru.

Caranya : Buka halaman http://www.pingomatic.com kemudian Masukkan Judul Blog Sobat, alamat lengkap blog sobat, terus Feed URL isi aja sama alamat blog + atom.xml dibelakangnya. Kemudian centang semua tempat tujuan ping dengan klik CHECK LIST ALL, kemudian SUBMIT. Selain Ping-O-Matic, sobat juga bisa nge-ping ke http://ipings.com caranya sama dengan Ping O Matic tadi.

#MASUKKAN MAKSIMAL 3 KEYWORD PADA ARTIKEL POSTINGAN SOBAT
#

Keyword ini dimaksudkan agar Pesan Kunci dari artikel sobat, benar-benar sesuai antara Judul dan Isi Postingan. Contoh Keyword, misalnya sobat membuat judul postingan "Cara Bertenak Tuyul Yang Sukses". Masukkan kata-kata yang ber-unsur "Cara Bertenak Tuyul Yang Sukses" di isi artikel misalnya dengan kata : "Ternak Tuyul Sukses", "Cara Agar Ternak Tuyul Sukses", "Tips Jitu Ternak Tuyul", dsb. Hubungkan kata-kata Keyword tadi dengan memberi link alamat artikel sobat atau beri saja dengan Huruf Cetak Tebal atau Miring.

#PERBANYAKLAH BLOGWALKING DGN MENEMPATKAN ANCHOR VISITOR DGN NAMA DAN URL BLOG/ARTIKEL SOBAT#

Kegiatan ini selain menambah pengetahuan akan ilmu yang diberikan oleh teman-teman blogger lainnya, ternyata Blogwalking juga sehat dalam menambah Backlink sobat.

#SUBMIT KE SOCIAL BOOKMARK DAN GABUNG DI FORUM#

Agar mudah terindeks dihalaman pertama Google, salah satunya adalah Submit Ke Social Bookmark dan Forum.
Demikian beberapa Tips Sederhana Agar Blog Kita Mudah Terindeks Google dan mesin pencari lainnya. Semoga membantu. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan di form komentar, dan silakan kita berbagi disini. Terima kasih.

Cara Cepat Artikel Terindeks Google

Posted: 30 Mar 2011 02:03 AM PDT

Tips Agar Artikel Cepat Terindeks Google Dengan Membersihkan Link Crawl Errors Di Webmaster Google

 

Artikel di blog ingin Cepat Terindeks Google adalah tujuan setiap Blogger dalam upayanya berbagi info kepada calon pembacanya. Namun, terkadang banyak kendala yang terjadi saat Google Spider sulit untuk mengindeks artikel atau RSS Feed Blog kita. Salah satu kendala Google mengindeks artikel kita adalah banyaknya Link Crawl Error di blog kita.

Nah, apa sih arti Link Crawl Errors ini? Link Crawl Errors ini adalah kumpulan link yang terdapat di postingan artikel maupun Body HTML blog kita. Mesin Google memiliki alat seperti "Jaring Laba-Laba" yang dikenal sebagai Google Spider. Google Spider ini seperti Laba-Laba yang berfungsi meng-Crawl seluruh Link keluar dari artikel atau blog kita. Google Spider sering dijadikan salah satu penyebab sulitnya artikel atau blog kita Terindeks Google. (versi : penulis)

Google Spider akan kesulitan mengindeks blog ketika banyaknya Link Crawl Error dari blog kita. Cara satu-satunya untuk mempermudah Google Spider mengindeks blog kita adalah Membersihkan Link Crawl Error Di Webmaster Google Sebagai Cara Untuk Artikel/Blog Mudah Terindeks Google. Terus, bagaimana caranya?

Dibawah ini, saya akan mencoba berbagi kepada sobat Blogger, Bagaimana Cara Menghilangkan Crawl Error Blog kita :

1. Silakan sobat buka http://www.google.com/webmasters/
2. Silakan klik Sign in to Webmaster Tools
3. Kemudian klik alamat blog yang sobat mau bersihkan
4. Klik "Not Found" di Crawl Errors (disebelah kanan)
5. Nanti akan terlihat URL Crawl Error disana
6. Bersihkan Link Errors tsb dengan klik Site Configuration (menu sebelah kiri)
7. Pilih Crawler Access >> Remove URL
8. Klik New Removal Request dan masukkan satu-satu Link Errors tadi
9. Klik Continue. Kemudian jangan lupa Centang The page returns a 404/410, or has been blocked by robots.txt or a noindex meta tag
10. Klik Submit Request. Selesai.
11. Oh iya, selain "Not Found" di Crawl Errors, ada juga menu dibawahnya "Restricted by robots.txt". Ini tidak usah dibersihkan, karena Tidak Menggangu Google Spider kok!

Demikian Cara Agar Blog dan Artikelnya Dapat Mudah Terindeks Google Dengan Bersihkan Link Crawl Errors di Webmaster Google. Selain Artikel Agar Blog Mudah Terindeks Google, cara ini adalah salah satu cara untuk menempatkan Agar Artikel Blog Kita Dapat Muncul Di Halaman Pertama Google Dengan Membersihkan Broken Link yang ada.

Jika ada pertanyaan seputar Agar Artikel Cepat Teriindeks Google, Bersihkan Crawl Errors Di Webmaster ini, silakan memberikan komentar di Form Komentar dibawah ini. Mari kita berbagi dan sharing disini. Terima kasih.

Berapa Backlink Untuk Mencapai Pagerank Tinggi

Posted: 30 Mar 2011 01:01 AM PDT

Jumlah Backlink Yang Diperlukan Blog Untuk Mencapai Pagerank Tinggi - Setelah membaca beberapa tulisan yang disajikan Blogger Master, Isnanini [dot] com, saya memiliki suatu femahaman bahwa dalam menentukan Pagerank suatu Blog, Google setidaknya melihat jumlah Backlink yang menautkan Blog yang bersangkutan.

Nah, Pertanyaannya, Berapa Jumlah Backlink Yang Minimal Kita Punya Untuk Mencapai Pagerank Tertentu? Bagaimana Kualitas Backlink Yang Harus Kita Cari? One way, Two Way atau Three Way Backlinks ya?

Backlink Berkualitas, adalah sebuah Nilai Berharga sebuah Blog untuk meningkatkan Pagerank Blog nya. Apa Maksud Backlink Berkualitas? Maksudnya adalah Pagerank pemberi Link untuk Blog kita harus diatas kita. Kalau Pageranknya dibawah Blog kita bagaimana? Suatu keharusan juga sebuah Blog memiliki Backlink yang Pagerank dibawahnya

Ada sebuah Analogi dan Perkiraan Yang Dibuat Seorang Blogger Master, Isnani di Blognya http://www.isnaini.com, beliau memberi Perkiraan dengan gambar disamping. Cara membacanya adalah : Jika Kamu pengen dapat PR5, maka kamu memerlukan 18 link dari website dengan PR5 atau 3055 backlink dari website lain dengan PR2. Dengan asumsi tidak lebih dari 10 external link (outbond link) dalam halaman tersebut.

Oneway Backlink adalah jalan terbaik dalam mencari Backlink. Salah satunya dengan Komen di Blog Dofollow di Inner Pages nya dengan Pagerank Yang Baik diatas Blog kita atau untuk mencapai Pagerank seperti tabel di samping.

Jadi, sekarang saya sudah ada gambaran berapa jumlah Backlink dan Pagerank berapa yang harus saya dan kita kumpulkan untuk mencapai Pagerank tertentu. Semoga gambaran ini dapat membantu. Terima kasih.

Apa Yang Mempengaruhi Urutan Situs Di Google ?

Posted: 30 Mar 2011 12:30 AM PDT

Dahulu situs pencari mudah dibodohi dengan cara mengulang-ulang kata atau frase sebanyak mungkin di halaman web sehingga bisa tampil di urutan sepuluh besar. Tindakan ini disebut spamming, dan dapat menyebabkan URL halaman tersbut diblacklist oleh Google. Tapi Google tahu agar situs pencarinya disukai orang, ia harus memberikan hasil pencarian yang alami dan murni, bukan hasil dibodohi oleh para spammer. Untuk itu google memperkenalkan beberapa faktor penting yang mempengaruhi yang dapat mempengaruhi posisi situs di hasil pencarian Google. Adapun faktor-faktor penting tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Keyword. Semakin fokus dan jelas konten tiap-tiap halaman web yang terlihat jelas di judul halaman web, bagian tag, heading, meta tag yang lain serta teks yang ditulis di halaman web, semakin baik peluang untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.
  2. Link Eksternal. Karakteristik link eksternal yang mengarah ke situs Anda dilihat dari kuantitas, kualitas, dan konteks link-link dari situs web luar yang mengarah ke situs web Anda.
Selain hal di atas, masih ada lagi faktor lain yang mempengaruhi posisi URL, seperti usia suatu domain, usia halaman web itu sendiri, dan usia link eksternal yang me-link ke situs web Anda, semakin lama semakin bagus. Faktor lain termasuk seberapa sering orang mengklik halaman web Anda dari hasil pencarian lewat situs pencari dan berapa lama mereka berkelana di situs web Anda. Algoritma yang menentukan suatu posisi (rank) memang cukup kompleks.
 
Namun, karena kebanyakan dari kita sangat sulit untuk memahami algoritma tersebut, maka fokuslah pada dua faktor penting di atas yang masih memungkinkan untuk dilakukan. 

0 komentar:

Posting Komentar