Welcome

menu

BloggerSantai.com

Senin, 11 April 2011

BloggerSantai.com


Ada Jenderal Bintang 3 Jadi Komisaris di PT nya Malinda Dee

Posted: 10 Apr 2011 06:48 PM PDT

Sikap Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono yang membela Marsekal Madya TNI Rio Mendung Thalib yang menjadi Komisaris di PT Sarwahita Group Managemen (SGM) menuai kritik. "Pembelaaan itu salah kaprah," kata Direktur Eksekutif Imparsial, Poengky Indarti di Jakarta, Ahad 10 April 2011. Kasus ini bermula dari pengakuan Direktur Utama PT Sarwahita Group Management Andrea Peresthu yang [...]

Detik Pos Indonesia

Detik Pos Indonesia


Heboh, Wabah Ulat Bulu Merambah Pulau Dewata Bali!

Posted: 10 Apr 2011 06:27 PM PDT

DETIKPOS.net - Heboh wabah ulat bulu di pesisir utara Jawa Timur kini merambah ke Pulau Bali. Di Kabupaten Buleleng, ribuan ekor serangga itu tiba-tiba sudah menempel di sejumlah pohon mangga.

Dari hari ke hari ulat itu sangat cepat berkembang bahkan menempel ke rumah-rumah milik warga. Ribuan ulat bulu itu pertama ditemukan warga sejak empat hari yang lalu.

Namun, masyarakat mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk menghalau serangan ulat tersebut. Tidak sedikit di antaranya mengaku ketakutan sehingga seorang Ibu bernama Nur sempat melakukan ritual khusus agar serangan ulat tersebut tidak mengganggu warga setempat. Kondisi ini mendapat perhatian Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika.

Ulat bulu, yang rata-rata berwarna hitam itu, ditemukan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Gerokgak, Buleleng dan Kecamatan Sawan. Di Kecamatan Gerokgak, dua desa sudah terdeteksi diserang oleh ulat bulu yakni, Desa Penyabangan dan Desa Patas.

Di Kecamatan Sawan, ulat bulu ditemukan di Desa Sangsit. Belakangan ulat bulu itu juga ditemukan Desa Baktiseraga, Desa Tukadmungga dan Desa Penglatan di Kecamatan Buleleng.

Keberadaan ulat bulu di Desa Patas, tepatnya di Dusun Yeh Biu, pertama kali ditemukan oleh Ibu Nur (37). Ulat bulu itu ditemukan menempel di pohon mangga belakang rumahnya. "Saya temukan ulat ini sejak hari Rabu lalu," tutur Nur, Senin 11 April 2011.

Ribuan ulat di belakang rumahnya itu tak pelak membuat Nur begidik ketakutan. Bahkan akibat dari keberadaan ulat-ulat tersebut, dua anaknya bernama Wahyu (5) dan Nabila (6) serta beberapa anak tetangganya mengalami gatal-gatal di sekujur tubuhnya karena bermain di sekitar lokasi ulat bulu itu.

"Saya tidak berani mengusik ulat tersebut, takut," ujar Nur polos. Untuk menghalau ketakutannya itu, Nur melakukan ritual khusus dengan menyiramkan beras berwarna kuning di sekitar keberadaan ulat bulu tersebut.

Selain menempel di pohon, ratusan ulat itu juga menempel di rumah warga. "Ratusan ulat juga menempel di tembok rumah saya," ujar Made Dwija, sembari menyatakan ulat tersebut dikumpulkan lalu membakarnya. Sedangkan di Desa Penyabangan, ulat bulu tersebut juga menyerang sejumlah pohon. Namun di tempat ini ratusan ulat itu langsung dimusnahkan dengan menyemprotnya menggunakan cairan pestisida.

Serangan ulat dengan pola yang sama juga menimpa Dusun Sema dan Abasan, Desa Sangsit. Ratusan ulat bulu tersebut menempel di pohon mangga dan pohon gempinis. Tidak itu saja, ulat bulu tersebut juga menempel pada sebuah warung kosong, milik Ketut Sudiasa, warga setempat. "Saya dapat informasi warung saya di serang ulat bulu.

Ternyata setelah saya datang, memang benar bangunan warung dipenuhi ulat bulu berwarna hitam," kata Sudiasa sambil bergidik. Saking banyaknya, Sudiasa lantas mengumpulkan dan langsung membakarnya. "Terus terang saya terbayang dengan kejadian di Jawa. Mudah-mudahan di Bali tidak seperti itu. Saya ngeri membayangkannya," ujar laki-laki berkaca mata ini ketakutan.

Sementara itu Kepala Dinas Partanian dan Peternakan (Kadistannak) Buleleng Ir Putu Mertha Jiwa saat dikonfirmasi melalui saluran teleponnya berjanji secepatnya akan melakukan langkah untuk melakukan pemusnahan terhadap ulat bulu tersebut. Tidak itu saja, langkah yang juga sedang dirancangnya yakni melakukan upaya memblokir wilayah yang sudah terkena serangan hama ulat bulu tersebut.

"Saya sudah ke lokasi dan menyemprotnya dengan menggunakan cairan pestisida. Sedangkan selanjutnya kita upayakan untuk melokalisir daerah terkena hama ulat bulu itu agar tidak menyebar ke seluruh wilayah Buleleng," jelasnya.

Gubernur Mangku Pastika saat turun ke lokasi ulat bulu di Buleleng Minggu 10 April 2011, meminta masyarakat bersama instansi terkait di Pemkab Buleleng melakukan antisipasi lebih dini sehingga hama ulat bulu tidak berkembang dan membahayakan masyarakat.

"Ini harus mendapar perhatian dan saya meminta laporan setiap saat dengan adanya ulat bulu ini," pinta Gubernur Pastika. Menurut gubernur kondisi serangan hama ulat bulu di lima desa di Kabupaten Buleleng belum sangat memprihatinkan, namun apabila dibiarkan serangan ulat itu akan membahayakan masyarakat.

"Memang ini belum seberapa, mumpung masih sedikit harus dilakukan upaya-upaya dengan cepat sehingga tidak berimbas pada daerah yang lain. Terlebih sebelumnya Bali dikatakan sebagai neraka, ini harus ditanggulangi bersama," lanjut Pastika. [vivanews/ris]

Blog Berita Indonesia

[New post] Buku Islami: Tuhan Tidak Tidur (Ada Kuis Berhadiahnya)

Buku Islami: Tuhan Tidak Tidur (Ada Kuis Berhadiahnya)

Darmawan | 11 April 2011 pada 10:09 | Tag: buku, islami, quran, tuhan tidak tidur | Categories: sosial | URL: http://wp.me/p4DRg-1Vf

Sayup-sayup terdengar teriakan dari arah luar "Sol, Sol Sepatu!". Berulangkali tukang sol sepatu itu beriktiar meski suaranya terdengar serak. Mungkin kerongkongannya mulai mengering karena panas yang menyengat. Bergegas aku mengambil sepatu suamiku. "Mampir Pak! Tolong benerin sepatu suami saya!". "Alhamdullilah.. ," bisik tukang sol sepatu. Ia pun mulai bekerja menjahit  sepatu suamiku. Beberapa menit kutunggu. Aku buatkan segelas minuman dingin lemon tea sebagai pelepas dahaganya. "Ini Neng , sudah selesai sepatunya," Tak lama ia menyerahkan sepatu suamiku yang sudah ia kerjakan. Rapi hasilnya. Akupun rela membayar lebih dari hasilnya. Baca tulisan ini lebih lanjut

Komentari tulisan ini


Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser: http://subscribe.wordpress.com

Bambang Gene

Bambang Gene


Tanda tangan paling lebay

Posted: 10 Apr 2011 07:01 AM PDT

Briptu Norman Alih Profesi Setelah mendapatkan Hukuman(HOT)

Posted: 10 Apr 2011 06:53 AM PDT

Setelah membuat heboh di situs Youtube, anggota Brimob Gorontalo, Briptu Norman Kamaru mendapat 'sanksi' untuk menyanyi langsung di hadapan komandan dan rekan-rekannya.






Setelah mendapatkan hukuman dia langsung alih profesi
ini dia gan kerjaannya
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.








Keuntungan Wanita Berpayudara Kecil

Posted: 10 Apr 2011 06:28 AM PDT

http://faktabukanopini.blogspot.com/

PEREMPUAN berpayudara besar kerap identik dengan persepsi cantik. Contoh saja, Melinda Dee, perempuan yang menjadi tersangka pembobolan dana nasabah Citibank sebesar Rp17 miliar ini kerap diberitakan sebagai cewek seksi karena berpayudara besar.

Namun, banyak yang menduga payudara Melinda hasil dari operasi implan. Tak sedikit sebenarnya perempuan yang memiliki pemikiran seperti Melinda. Karena merasa tak puas, banyak perempuan yang bersedia melakukan apa pun terhadap payudara nya seperti menjalani implan.

Namun, sadarkan Anda bahwa perempuan dengan ukuran payudara alami itu dilihat lebih seksi? Itu bukan sekadar asumsi, bahkan uji ilmu medis pun membuktikannya.

1. Lebih mudah terangsang
Hasil studi University of Wina menemukan bahwa perempuan berpayudara besar terkadang kurang sensitif terhadap rangsangan ketimbang lebih kecil. "Payudara memiliki jaringan lemak lebih banyak ketimbang kelenjar, padahal kelenjar merupakan bagian paling sensitif," kata peneliti University of Wina.

Seorang seksolog Rachael Ross, bertutur, "Pada payudara yang lebih kecil, kelenjar lebih mudah untuk terangsang selama foreplay karena tidak terletak di bawah lapisan lemak."

2. Mudah deteksi
Miliki payudara kecil juga menyehatkan dalam cara lain. "Dalam pemeriksaan payudara sendiri, pemilik payudara kecil akan lebih mudah mendeteksi adanya benjolan di bagian belakang payudara karena hanya ada sedikit lapisan," kata ahli onkologi Marisa Weiss, presiden dan pendiri Breastcancer.org.

Payudara mungil juga bisa menyelamatkan hidup Anda karena tidak membenakan kerja leher. Payudara besar tentu akan memberi beban pada tekanan tubuh terutama leher "Ini bisa mengubah postur seorang perempuan, terutama pada leher dan bisa mneyebabkan sakit kepala," kata Dr Weiss.

3. Membuat tampak lebih muda
Memang, pria sepertinya sudah alami lebih merasa tertarik dengan payudara besar, tapi dengan payudara kecil, pria bisa berpikiran bahwa kita lebih muda. Satoshi Kanazawa, PhD, seorang psikolog evolusi di London School of Economics bertutur, "Payudara lebih besar biasnaya akan melorot dari waktu ke waktu. Ini juga bisa menjadi indikator bahwa seorang perempuan sudah tak muda lagi." "Mak itu, lebih sulit untuk mengetahui usia perempuan jika ia memiliki payudara yang lebih kecil."

Apa Penyebab Alergi

Posted: 10 Apr 2011 06:22 AM PDT

Ini Dia Fakta Penyebab Alergi!
Headline
Kulit merah disertai gatal, bersin-bersin, mata gatal merupakan beberapa ciri alergi yang sering dijumpai. Kenali penyebab alergi agar kita bisa menghindari pemicunya.

Sadarkah Anda bahwa banyak iritasi kulit terjadi akibat alergi terhadap benda-benda yang biasa Anda pakai sehari-hari? Kondisi tersebut muncul karena kandungan zat tertentu dalam suatu produk.

Seperti dikutip dari Cosmo UK, berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan alergi pada kulit :

Kosmetik

Rata-rata wanita menaruh 168 bahan kimia di wajahnya setiap hari dan ternyata satu dari 20 wanita memiliki alergi terhadap bahan-bahan kimia tersebut. Jika kulit Anda sekarang mengalami iritasi, cobalah mulai hubungkan dengan salah satu produk kosmetik yang Anda miliki.
Jika terbukti bahwa iritasi itu terjadi karena produk kecantikan tertentu, jangan ragu untuk segera mengganti kosmetik Anda.

Ponsel
Kandungan metal terbesar yang terdapat dalam banyak ponsel adalah nikel. Menjadi penyebab alergi yang umum dijumpai, namun kurang disadari oleh banyak orang.
Oleh karena itu, jika Anda menelepon lebih lama menggunakan ponsel berkandungan nikel, berarti Anda menekan nikel yang dalam jangka waktu tertentu dapat memicu iritasi.
Untuk menghindari alergi seperti itu, gunakan hands free jika memungkinkan atau gunakan cover ponsel dari bahan karet atau plastik untuk ponsel Anda.

Piercing
Jika setelah melakukan tindik di daerah pusar kemudian kulit Anda iritasi, maka kemungkinan besar penyebab utamanya adalah kandungan nikel yang terdapat dalam perhiasan yang Anda pakai.
Segera ganti dan gunakan perhiasan berbahan dari perak atau emas untuk mengatasinya. Dengan begitu, Anda bisa tetap bergaya tanpa perlu khawatir dengan iritasi.

Permainan Perspektif yang Dahsyat

Posted: 10 Apr 2011 06:14 AM PDT

Fotografi sekarang seakan menjadi tren terbaru bagi di semua kalangan masyarakat. Seiring dengan semakin terjangkaunya harga alat dan pendukung fotografi, tak pelak lagi memunculkan banyak sekali ide-ide kreatif yang sangat menarik dan menghibur.
Salah satu teknik yang sekarang memiliki banyak penggemar, atau mungkin secara tidak sengaja anda sering juga menggunakan teknik ini, adalah teknik manipulasi perspektif. Berawal dari permainan lucu, teknik melukis cahaya ini menjadi sebuah aliran tersendiri.
Berikut ini nyebur tampilkan 25 foto-foto hasil permainan perspektif yang sangat kreatif.

Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif









Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif









Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif



Foto Perspektif yang Kreatif


50 Modifikasi PC Yang Extrime

Posted: 10 Apr 2011 05:39 AM PDT

Pengguna PC membangun sistem mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Karena setiap pengguna PC memiliki kepribadiannya sendiri, masing-masing cenderung untuk menanamkan itu ke sistem mereka. Ada orang yang membangun sistem mereka, berusaha untuk mendapatkan hasil maksimal dari komponen-komponen mewah. Namun, tidak seperti pengguna PC biasa, para fans Modding adalah sekelompok dudes cerdik yang suka untuk menyesuaikan sistem mereka untuk sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup mereka. Komputer datang dalam rasa yang berbeda, tapi ternyata itu tidak cukup untuk semua orang. Modding Kasus-modifikasi chassis komputer telah menjadi hobi besar bagi ribuan penggemar di seluruh dunia. Temui beberapa Modifikasi PC terbaik 

The Microwave PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Half-Life 2 PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Biomech 500 Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Motorcycle PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Sweclockers Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Scorpion PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




"UAL737" Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




TIE Fighter



 50 Most Bizarre Computer Cases Ever


ION Cube PC Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Digg

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever



Windows XP box mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Doom 3 inspired PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Pyramid HTPC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




The Coffin PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever



"24"-inspired Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever

The R2D2 PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Bender



 50 Most Bizarre Computer Cases Ever


Battlefield 2142 PC Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever

Russian Wall E PC mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Honorable Mention – Boss FX-57 Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




NES Controller PC Case Mod

Retro Gas Pump

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever



Lego PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Orac Computer Case

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




The Desk PC Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Hulk PC



 50 Most Bizarre Computer Cases Ever


Toilet PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever

AMD Phenom PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Hamster Playground PC Case

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Kratos PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




The Lego Mac

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Guitar Pc

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Gingerbread PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever


.

The Miss Kanna PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Battlestar Galactica PC Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Steam Punk Computer Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




The Wallcrawler

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Liquid cooled PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Weapon of Mass Destruction

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Underwood Typewriter Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Cyberpumpkin

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




The Gingerbread PC

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Whiskey bottle PC case

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Optimus Prime PC Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever


ard.

FIFA "07 Computer Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Porsche wheel PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




The Y2K bug

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Beer Dispenser PC Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




Dreamcast PC Case Mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever




S.T.A.L.K.E.R. PC case mod

 50 Most Bizarre Computer Cases Ever

Perceraian Bisa Rusak Kesehatan!

Posted: 10 Apr 2011 05:08 AM PDT

Headline

Perceraian selalu menguras tenaga dan emosi, terlebih bagi perempuaan. Meskipun sebagian orang menganggap bahwa perceraian merupakan jalan terbaik jika sudah tidak ada kecocokan lagi.

Penelitian Pusat Opini nasional di Universitas Chicago, Amerika Serikat menyebutkan, perempuan yang mengalami proses perceraian akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya.

Mereka yang mengalami perceraian lebih berisiko menderita penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Riset membuktikan sekitar 20% pasangan yang bercerai menderita penyakit kronis seperti penyakit jantung, kencing manis atau kanker dibandingkan mereka yang berkeluarga. Sebanyak 23% dari mereka bermasalah dengan aktivitas fisik, yang meliputi kesulitan berjalan jauh dan menaiki tangga.

Mereka yang telah bercerai dan menikah lagi juga tidak luput dari risiko ini. Kemungkinan mereka menderita penyakit kronis mencapai 12%. Hasil ini diungkapkan Linda Waite dari University of Chicago setelah melakukan riset yang melibatkan sekitar 8,652 responden berusia 51 dan 61.

Perceraian dan status janda memberikan dampak negatif dalam kehidupan jangka panjang seseorang yang mempengaruhi kesehatan fisik.

Stres yang dialami dan kondisi keuangan yang tidak stabil memicu masalah psikis yang berimbas ke fisik. Meskipun kondisi ini bisa diatasi jika seseorang tersebut menemukan pasangan baru, namun cukup sulit untuk bisa mengembalikannya pada kondisi semula.

Mary Elizabeth Hughes dari Johns Hopkins University di Baltimore mengatakan, tidak hanya perceraian, mereka yang belum menikah di usia setengah baya berisiko terserang ganguan penyakit kronis.

Dalam riset yang telah dipublikasikan dalam Journal of Health and Social Behavior, disebutkan mereka yang belum menikah, cenderung mengalami keterbatasan aktivitas fisik hingga 12% dan berisiko menderita gejala depresi hingga 13% dibandingkan pasangan yang menikah.

Menurutnya, pernikahan mampu memperbaiki kualitas hidup seseorang dengan berbagai cara. Sementara mereka yang hidup melajang biasanya memiliki gaya hidup tidak sehat, seperti suka mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, sering lembur dalam pekerjaan sehingga lupa makan.
Kondisi ini terjadi karena mereka tidak memiliki pasangan hidup yang bisa diajak menghabiskan waktu bersama.

Apa Fungsi Tablet PC

Posted: 10 Apr 2011 02:56 AM PDT


Headline

Komputer tablet yang mulai marak di pasaran berhasil menarik perhatian Indonesia. Terbaru, anggota DPR mengakses konten porno di tablet. Sebenarnya, apa fungsi unggulan alat ini?Berdasarkan survei yang dilakukan AdMob Google, pengguna tablet ternyata mengkonsumsi konten media lebih banyak di komputer tablet dibandingkan televisi ataupun PC.
Survei dari 1.430 penduduk Amerika Serikat pada Maret 2011 menemukan 84% penggunaan tablet untuk bermain game, 78% untuk mencari informasi, 74% untuk akses email dan 61% untuk membaca berita.
Selain itu ada pula dua aktivitas populer yang mulai marak baru-baru ini yaitu belanja online dan membaca buku elektronik. sekitar 46% pengguna mengakses dua hal tersebut via tablet.
Tablet sebagian besar digunakan di rumah (82%) daripada tempat kerja (7%). Sekitar 62% pengguna mengakses alat ini di malam hari dan 69% secara rutin menggunakan tablet setiap hari.

Agar Mata Sehat Secara Alami

Posted: 10 Apr 2011 02:40 AM PDT

Ingin Penglihatan Sempurna? Konsumsi Ikan
Headline
 Ikan selain memiliki kandungan gizi yang besar, juga bisa membantu mengurangi resiko penurunan penglihatan pada wanita.

Sebuah penelitian di Harvard Medical School yang dilalukan Profesor William Christie mengungkapkan bahwa penurunan penglihatan terkait usia pada wanita bisa dicahan dengan mengkonsumsi ikan.

"Perempuan disarankan mengkonsumsi ikan laut minimal dua kali seminggu," kata Christie seperti dilansir dari Genius Beauty.

Penelitian berlangsung selama 10 tahun dengan melibatkan 38.000 perempuan. Pada akbhir penelitian menyebutkan 235 dari mereka menunjukkan degenerasi makula.

Setelah 10 tahun, para wanita telah menulis laporan tentang apa dan berapa banyak ikan yang telah mereka makan. Para wanita yang secara teratur mengkonsumsi jumlah ikan laut yang cukup, menunjukkan 42% lebih kecil menderita kerusakan penglihatan.

"Seafood, seperti cumi-cumi, udang, ikan laut, kepiting, gurita dan gangga memiliki kandungan omega 3 dan asam lemak yang cukup tinggi sehingga mencegah kerusakan retina," pungkas Christie.

Danau Labuan Cermin, Tawar Dipermukaan dan Asin di Bagian Dasarnya

Posted: 10 Apr 2011 02:34 AM PDT

Jauh di pedalaman Kalimantan Timur sana, terbentanglah Danau Labuan Cermin. Danau bening ini istimewa karena memiliki diisi oleh 2 organisme dari dunia yang berbeda. Danau ini memiliki aliran air asin yang hanya ada di bagian bawah danau dan tawar di permukannya.

Labuan Cermin terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Jika dilihat di peta, letaknya tepat di punggung hidung Kalimantan. Tempat ini bisa ditempuh dalam tiga jam perjalanan laut dari Derawan.

Bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar seperti danau pada umumnya. Namun beberapa meter di bawahnya terdapat aliran air asin. Anehnya, kedua jenis air ini tidak tercampur. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan.


Belum ada yang melakukan penelitian di daerah ini sehingga terbentuknya fenomena ini masih menjadi misteri.


Lapisan keruh berwarna putih itu diduga hasil pembusukan organisme dasar labuhan yang terperangkap dan tak bisa pergi. Dua jenis air di danau ini juga menghadirkan organisme dari dua dunia. Ikan air tawar hidup di permukaan, sedangkan ikan air laut bisa ditemukan di dasar danau.


Air asinnya bisa dijumpai pada kedalaman sekitar 2 meter dari permukaan danau. Rupanya ketebalan lapisan air tawar dan air asin bisa berubah sesuai dengan pasang-surut air laut.

Danau mungil ini dikelilingi hutan dan ada tebing menjulang tinggi di salah satu sisinya. Tak mengherankan jika danau ini diberi nama Labuan Cermin, airnya jernih sekali sampai orang bisa bercermin di atasnya. Arus di beberapa tempat cukup kuat dan mudah menyeret orang yang tak bisa berenang.


Untuk menuju tempat ini pengunjung harus menumpang sampan nelayan dan melewati perjalanan selama 15 menit, menembus semak bakau dan hutan. Hutan itu masih dihuni aneka binatang liar seperti monyet, bekantan, berang-berang dan beruang madu.

Karena jaraknya cukup jauh dari kota, jarang atau hampir tidak ada turis yang berkunjung ke sini. Tempat ini hanya dikenal oleh orang-orang lokal dari sekitar daerah itu. Fasilitas dan prasarana pun masih seadanya.


Tempat bermalamnya adalah sebuah Pusat Informasi Nelayan (PIN) binaan The Nature Conservancy, lembaga pegiat pelestarian lingkungan.


PIN berbentuk rumah panggung di tepi muara sebuah sungai, hanya beberapa ratus meter dari laut. Rumah itu punya semacam dermaga kecil tempat menambatkan perahu.


Sungai di depan PIN berair payau. Kadar keasinannya tergantung pada pasang-surut air laut. Ketika laut surut, sungai berubah menjadi sangat jernih sehingga dasarnya dapat dilihat dengan jelas.


Dari beranda kita bisa melihat ikan berseliweran. Ada ikan yang banyak durinya, ada ikan yang menyengat dan ikan yang bertubuh pipih panjang.

Tak hanya dikunjungi oleh para nelayan, PIN juga menjadi tempat berkumpul anak-anak nelayan yang hendak menonton film tentang kehidupan laut atau membaca koleksi perpustakaan.


Sumber :

id.travel.yahoo.com /

Ilmuwan Memprediksi Manusia Masa Depan Bisa Bernafas Dalam Air

Posted: 10 Apr 2011 02:31 AM PDT

Masih ingat cerita manusia ikan? Masa depan, kemampuan bernafas di air mungkin bisa dinikmati manusia. Ilmuwan berhasil menemukan cara ajaib dengan penggabungan DNA.

Dalam penelitian pada hewan salamander, ilmuwan menemukan fakta bahwa tumbuhan alga yang memproduksi oksigen terikat dengan telur salamander dan tidak terpisahkan.

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1400072.jpg

Ini terlihat dari keberadaan DNA alga pada embrio salamander. Dengan mempelajari mekanisme itu lebih lanjut, ilmuwan berharap temukan proses yang sama dan dapat diterapkan pada manusia untuk bertahan hidup di bawah air.

Peneliti dari Dalhousie University di Halifax, Kanada, menemukan bahwa DNA manusia pada dasarnya dapat dikemas dengan ribuan virus yang diserap sejak manusia lahir.


Ilmuwan menganalogikan teori ini pada salamander karena alga sering terjebak dalam embrio mereka. Alga ternyata tidak melepaskan salamander meski tumbuhan itu terus berkembang.


Penemuan ini menjadi dokumentasi pertama bagaimana tanaman hidup dengan bersimbiosis pada vertebrata. Ilmuwan mengklaim penemuan tersebut menunjukkan alga bisa menjadi sumber oksigen bagi organisme lain, termasuk manusia.


"Alga di dalam kapsul telur menyediakan oksigen kepada embrio dan alga mendapatkan limbah dari embrio berupa nitrogen yang dibutuhkan alga untuk tumbuh," ujar pemimpin studi Dr. Ryan Kerney.


"Kami juga menemukan DNA alga pada organ reproduksi salamander dewasa sehinga ada kemungkinan ini menyerap pada salamander," ujar studi yang dipublikasikan di
Proceedings of the National Academy of Sciences.

 

Sumber :

teknologi.inilah.com

Astronom Menemukan Jalan Lolos dari Black Hole

Posted: 10 Apr 2011 02:25 AM PDT

Sebuah unsur yang sangat panas telah terdeteksi oleh observatorium sinar gamma integral milik European Space Agency, dalam hitungan milidetik sebelum ia terjerumus ke ruang antah berantah di dalam lubang hitam (black hole).

Temuan ini mengungkapkan adanya sebuah struktur medan magnet yang menyediakan kesempatan lolos bagi partikel-partikel yang disedot oleh black hole.

http://www.cosmosmagazine.com/files/imagecache/news/files/news/20110325_blackhole.jpg
Ilustrasi : Medan magnet tengah menyemburkan partikel 
yang akan terjerumus ke lubang hitam Cygnus X1.

Dari pengamatan, beberapa ratus kilometer dari pusat lubang hitam, ruangan di sekitar merupakan kawasan penuh badai partikel dan radiasi. Badai raksasa yang terdiri dari partikel jatuh ke dalam lubang hitam dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Akibatnya, temperatur naik ke angka jutaan derajat Celcius.

Umumnya, dibutuhkan hanya satu milidetik saja bagi partikel untuk mencapai titik tersebut. Namun kini astronom mendapati bahwa kawasan yang bergejolak itu juga memiliki medan magnet yang menyediakan jalan keluar bagi partikel yang terhisap.

"Temuan adanya emisi yang terpolarisasi dari pancaran black hole adalah temuan unik," kata Christoph Winkler, Integral Project Scientist ESA, seperti dikutip dari Cosmosmagazine. "Ini pertama kalinya medan magnet teridentifikasi sangat dekat dengan lubang hitam," ucapnya.

Penemuan itu sendiri diawali ketika Philippe Laurent, ketua tim peneliti dari Institute for Research into the Fundamental Laws of the Universe (IRFU) di Perancis tengah mengamati black hole Cygnus X-1.

Ketika itu, Laurent dan rekan-rekannya melihat bahwa ia sedang menggerogoti sebuah bintang yang ada di dekatnya dan "memakan" gas milik bintang itu.

Dari bukti yang mereka temukan, terungkap bahwa medan magnet yang ada cukup kuat untuk merebut sebagian partikel dari gaya gravitasi raksasa milik lubang hitam dan melemparkannya ke luar, membuat sebuah semburan partikel ke ruang angkasa bebas.

"Kami perlu menggunakan hampir seluruh pengamatan yang telah dibuat oleh Integral terhadap Cygnus X-1 untuk melakukan pendeteksian ini," kata Laurent. "Kami belum mengetahui persis bagaimana partikel yang jatuh diubah menjadi semburan.

Masih banyak perdebatan yang terjadi di kalangan pengamat, dan penelitian lebih lanjut akan membantu membuat kesimpulan," ucap Laurent.

Sebelum ini, semburan di sekitar black hole pernah ditangkap oleh teleskop radio, namun observasi seperti itu tidak bisa melihat black hole dalam detail yang cukup untuk mengetahui seberapa dekat black hole itu dengan sumber semburan. "Ini membuat penelitian integral menjadi sangat berharga," ucap Laurent.

Orang Gemuk Napasnya Bisa Berhenti 400 Kali Saat Tidur

Posted: 10 Apr 2011 02:23 AM PDT



Tumpukan lemak adalah musuh utama orang gemuk, terutama yang dikategorikan obesitas. Bila terjadi di saluran napas, aliran udara bisa terhambat sehingga mengalami henti napas saat tidur. Kondisi ini bisa dialami 400 kali dalam semalam.
http://www.dcttbio.com/wp-content/uploads/2011/03/sleepy-obesitas-300x199.jpg

Henti napas akibat tersumbatnya saluran napas atau obstructive sleep apnea dialami oleh sebagian besar orang yang memiliki masalah berat badan. Salah satu gejalanya adalah sering terbangun tengah malam karena gelagapan atau susah bernapas.

Kondisi ini tidak selalu disadari, kadang-kadang seseorang akan segera membetulkan posisi tidurnya secara otomatis agar saluran napasnya kembali lancar tanpa harus benar-benar terjaga. Orang tersebut baru benar-benar bangun dan
gelagapan jika napasnya berhenti agak lama.

Selama tidur malam, henti napas yang tidak disadari bisa terjadi berkali-kali bahkan pada beberapa orang yang menderita obesitas bisa sampai 400 kali. Bisa dibayangkan jika rata-rata orang tidur selama 7 jam, maka ratusan kali henti napas akan sangat mengganggu kualitas tidurnya.


"Rekan saya sesama dokter badannya gemuk, kalau tidur sering
gelagapan. Waktu dimonitor pernapasannya, dia kaget karena napasnya berhenti sampai 400 kali," ungkap pakar obesitas, Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK.

Dampak yang dirasakan akibat tidur tidak berkualitas antara lain bangun tidak segar, cepat letih dan mudah mengalami stes. Akibatnya bukan hanya cuma mengurangi produktivitas saat bekerja, tetapi juga lebih rentan terkena infeksi karena daya tahan tubuhnya melemah.


Untuk mengatasi
obstructive sleep apnea, Dr Samuel menyarankan orang-orang gemuk untuk menurunkan berat badan dengan cara yang aman. Kuncinya ada 3 yakni mengubah perilaku (behaviour), menerapkan diet yang sehat dan meningkatkan aktivitas fisik.

Penggunaan obat-obat penurun berat badan sangat efektif, tapi baru boleh diberikan jika 3 langkah tersebut gagal. Kalau langsung diberi obat, berat badan akan cepat turun tapi juga akan cepat naik lagi setelah pemberian obat dihentikan. Fenomena ini dikenal juga dengan istilah 'diet yo-yo'.


Sumber :

health.detik.com

Nestinarstvo, Ritual Tarian di Atas Bara Api Khas Bulgariam

Posted: 10 Apr 2011 12:46 AM PDT

Sebuah kebiasaan lama yang berabad-abad dapat ditelusuri kembali ke Tracians, Bulgaria. Nestinarstvo (Fire Dancing) adalah ritual misterius di mana orang benar-benar menari di atas bara api membara tanpa menimbulkan luka bakar.



Dipercaya telah menjadi salah satu ritual pagan tertua di Balkan. Nestinarstvo menjadi simbol perlawanan atas penganiayaan oleh Gereja Kristen dan komunisme dan masih dipraktekkan di beberapa desa berbahasa Bulgaria dan Yunani di Pegunungan Strandzha.


Salah satu pemukiman terpencil ini merupakan desa Bulgari legendaris, di mana orang masih menari di atas bara panas, sama seperti nenek moyang mereka yang telah melakukannya selama ribuan tahun.




Ritual misterius Nestinarstvo dimulai saat matahari terbenam, ketika nestinar kepala (penari api), mengenakan kemeja putih dan selempang merah melilit pinggangnya, tiba di Bulgari dan mulai menyebarkan bara panas di lingkaran.


Lampu-lampu dimatikan dan semua penduduk desa berkumpul di sekitar lingkaran bara panas tempat menari, disertai suara bagpipe dan drum.


Nestinari mulai menari di sekitar lingkaran, membawa ikon agama, dan kemudian berjalan melalui api, kaki mereka ringan menyentuh bara merah-panas, kadang-kadang menekan keras dalam gerakan melingkar. Tarian ini berlanjut sampai nestinari bisa memadamkan api dengan kaki mereka.




Seluruh desa Bulgaria mengambil bagian dalam perayaan, tetapi hanya nestinari profesional yang benar-benar melakukan tarian api. Pada zaman kuno, hanya wanita yang dipilih sebagai nestinari, namun saat ini juga dilakukan oleh laki-laki.


Wajah para penari ini pucat seperti salju dan menjaga mata mereka setengah tertutup selama Nestinarstvo, sehingga banyak orang percaya bahwa mereka pergi ke trans rohani yang memungkinkan mereka untuk memberitahu masa depan.




Tapi yang paling menakjubkan tentang Nestinarstvo adalah bahwa pemeriksaan medis dari nestinari telah mengungkapkan bahwa kulit kaki mereka lunak dan tidak meninggalkan jejak luka bakar.


Fakta lain yang membuat penasaran adalah bahwa benda-benda yang jatuh pada bara membara, seperti kepala-syal dari nestinari wanita, tidak pernah tersentuh api.


Saksi mata pernah melaporkan cerita tentang seorang penari yang tersandung dan jatuh di atas bara panas, tetapi hanya bangkit dan melanjutkan tarian mereka seperti tidak ada yang terjadi.




Video Tarian Nestinarstvo


Menurut masyarakat Bulgari, tidak ada yang bisa melakukan ritual ini, Anda harus dilahirkan sebagai seorang nestinari.

Mereka adalah orang-orang khusus yang harus memiliki iman yang sempurna dalam kebaikan, dan jauh dari keinginan jahat pada siapa pun. Ini rupanya membuat mereka aman, tetapi membutuhkan banyak persiapan mental untuk menguasainya.

Makam 'Dewa Jester' dari Suku Maya

Posted: 10 Apr 2011 12:37 AM PDT

Arkeolog menemukan makam tertua penguasa suku Maya kuno berlambang 'Dewa Jester' dari tahun 350 SM. Berdasarkan lambang unik itu, inilah bukti kerangka pihak kerajaan tertua di dunia.

http://static.inilah.com/data//berita/foto/1393072.jpg

Ditemukan di sebuah makam di bawah rumah penguasa di kawasan Holmul, timur laut Guatelmala, kerangka itu diperkirakan milik pria berusia lima puluhan tahun dengan kondisi kesehatan baik menjelang kematiannya.

Selain lambang Dewa Jester, di makam itu tampak pula tujuh keramik, guci, piring dan alat pembakar dupa.
"Kami pernah menemukan makam Suku Maya yang lebih tua, namun tidak pernah menemukan kuburan yang mencakup simbol kerajaan seperti ini," kata John Tomasic dari University of Kansas, Amerika Serikat.

Di bawah situs arkeolog itu, ahli juga menemukan terowongan dengan lebar sekitar 16 inci, cukup lebar untuk dimasuki tubuh manusia. Tempat itu diperkirakan sebagai lorong menuju tempat penguburan.

Hasil penelitian ini diungkapkan pada pertemuan Society for American Archaeology di Sacramento, California, Amerika Serikat. Sebelumnya, kuburan penguasa Maya dari tahun 100 SM ditemukan di San Bartolo pada 2005.

13 Sistem Identifikasi yang Membedakan Identitas Manusia dengan Lainnya

Posted: 10 Apr 2011 12:32 AM PDT

Setiap orang yang dilahirkan ke dunia tentu memiliki keunikan, tak ada yang sama antara satu dan yang lain. Setiap orang memiliki ciri atau atribut yang unik. Meski terlahir kembar, mereka tetap memiliki perbedaan.

Berdasar kenyataan itu, dibangunlah suatu sistem yang menggunakan ciri atau sifat identik manusia, yakni sistem biometrika. Jadi tubuh seseorang juga merupakan password bagi orang tersebut.


Biometrik terdiri dari metode unik untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih ciri-ciri fisik atau perilaku intrinsik.


Dalam ilmu komputer, pada khususnya, biometrics digunakan sebagai bentuk manajemen identitas akses dan kontrol akses. Hal ini juga digunakan untuk mengidentifikasi individu-individu dalam kelompok yang berada di bawah pengawasan.


Ada berbagai jenis sistem biometrika yang sekarang tersedia.



1. Pengenalan Sidik Jari


Sistem itu meliputi sebuah perangkat keras pemindai (scanner) dan perangkat lunak. Peranti itu merekam karakteristik sidik jari yang spesifik, menyimpan data setiap pengguna ke sebuah template.

Ketika pengguna mencoba lagi menguatkan akses, perangkat lunak membandingkan data yang tersimpan di template dan pembacaan sidik jari dari pemindai. Sistem sidik jari sangat akurat, tetapi dapat dipengaruhi perubahan pada sidik jari. Misalnya, terbakar, bekas luka, kotoran.




2. Pengenalan Wajah


Pengenalan bentuk dan posisi dari ciri wajah seseorang adalah tugas yang kompleks. Mula-mula sebuah kamera menangkap gambar sebuah wajah, kemudian peranti lunak memilah-milah pola informasi dan selanjutnya membandingkan dengan template wajah user.



3. Pengenalan Retina atau Iris


Mungkin dari semua itu yang paling aman adalah retina dan lapisan-lapisan pembuluh di belakang mata. Gambar retina sulit ditangkap dan selama pendataan, pengguna harus memusatkan pandangan ke sebuah titik serta mempertahankannya. Jadi kamera dapat menangkap gambar dengan baik.

Penentuan pada pola pembuluh darah. Pola itu unik pada setiap orang, sehingga identifikasi menjadi lebih kaurat. Sistem yang berdasar dua bagian mata, yakni iris dan retina, dipertimbangkan untuk menawarkan tingkat keamanan terbaik.




4. Geometri Lengan


Dengan sistem itu, pengguna meluruskan lengan menurut petunjuk tanda pada perangkat keras pembaca lengan (reader), menangkap gambar tiga dimensi dari jari-jari dan tulang, kemudian menyimpan data di sebuah template. Geometri lengan telah digunakan beberapa tahun dan dimanfaatkan untuk sistem keamanan pada Olimpiade 1996.



5. Geometri Jari


Peralatan itu sama untuk sistem-sistem geometri. Pengguna menempatkan satu atau dua jari di bawah sebuah kamera yang menangkap bentuk dan panjang wilayah jari serta tulang-tulangnya. Sistem menangkap gambar tiga dimensi dan mencocokkan data dengan template yang disimpan untuk menentukan identitas.



6. Pengenalan Telapak Tangan


Sama dengan pengenalan sidik jari, biometrika telapak tangan memusatkan pada susunan-susunan yang beragam. Misalnya, bagian-bagian tepi dan tak berharga yang ditemukan pada telapak tangan.



7. Pengenalan Suara


Metode itu menangkap suara dari speaker menurut sifat-sifat bahasa. Penggunaan utamanya adalah aplikasi keamanan berbasis telepon. Keakuratannya dapat dipengaruhi suara gaduh dan pengaruh penyakit atau kelelahan pada suara.

Satu masalah nyata dengan pengenalan suara adalah sistem dapat dikelabui oleh suara tape dari suara seseorang. Karena alasan itu, sistem suara lanjutan harus mampu memperluas atau memperpanjang proses verifikasi dengan memberikan perkataan-perkataan yang lebih sulit dan panjang, membaca dengan keras, atau meminta perkataan yang berbeda yang dibaca setiap waktu.




8. Pengenalan Tanda Tangan


Sistem verifikasi tanda tangan memerlukan satu hal utama, yaitu penerimaan masyarakat umum (publik). Di segala hal dari deklarasi kemerdekaan sampai slip sebuah kartu kredit, masyarakat cenderung menerima tanda tangan sebagai bukti identitas.

Betapapun sederhana sebuah tanda tangan, perlu peralatan mengukur, baik ciri yang membedakan tanda tangan maupun ciri yang membedakan dari proses penulisan tanda tangan.


Ciri itu mencakup tekanan pena, kecepatan dan titik-titik ketika pena diangkat dari kertas. Pola-pola itu ditangkap melalui sebuah pena yang dirancang khusus atau tablet (bisa juga keduanya) dan dibandingkan dengan pola-pola template.




9. DNA


Penggunaan DNA dalam teknologi biometrika erat kaitannya dengan kegiatan forensik. Penggunaanya tidak sama dengan biometrika yang lain, yang dengan waktu relatif singkat bisa memberikan keputusan.

Sebab, biometrika dengan DNA harus dilakukan di laboratorium oleh staf ahli khusus, kemudian mencocokkan, baru kemudian bisa memberikan keputusan mengenai DNA yang diperiksa.




10. Thermal Imaging


Ini berkait dengan suhu tubuh. Sistem yang memakai thermal imaging mempunyai proses yang sama dengan menembakkan sinar ke tubuh. Lalu, komputer menangkap panas tubuh seseorang itu dan memverifikasi sesuai dengan kebutuhan.



11. Bentuk Telinga


Bentuk telinga merupakan salah satu ciri khusus manusia. Bila dilihat sepintas, telinga setiap manusia memang mirip. Namun bila diukur tentu memiliki perbedaan.



12. Bau Badan


Bau badan dikembangkan menjadi teknologi sistem biometrika sesuai dengan fakta bahwa manusia memiliki bau badan yang khas. Akan tetapi muncul beberapa kendala, karena bau badan seseorang relatif berubah-ubah tergantung pada situasi fisiologis.

Bau badan seseorang usai berolahraga berbeda dari usai mandi. Itu salah satu kendala. Tingkat validasi sistem itu cenderung rendah, hampir mirip tanda tangan dan pengenalan suara.




13. Gerakan Tubuh

http://1.bp.blogspot.com/_plEccAAv_Q0/TSa4W0HvmEI/AAAAAAAAAJw/DQYJ9LqeGBI/s1600/berjalan+kaki.jpg

Gerakan tubuh manusia pada saat berjalan setiap orang itu unik. Dengan mempelajari hal tersebut kita dapat memebuat sebuah sisem keamanan ruangan dan mengenali orang tersebut dari pola dia berjalan, dengan kecerdasan buatan (AI) tentunya.Semoga menambah wawasan kita semua

Galaksi Bima Sakti Terlihat Kasat Mata

Posted: 10 Apr 2011 12:29 AM PDT

Astronom amatir Juan Carlos Casado merekam penampakan Bima Sakti lewat jepretan kamera. Ia berhasil mengabadikan 9 foto galaksi tempat manusia berpijak di Taman Nasional Canary Island, Spanyol.

Dalam laman Daily Mail terungkap sebuah foto menakjubkan, panorama gugusan bintang serupa debu 360 derajat terlihat menghiasi langit malam di kepulauan tanpa polusi cahaya itu.

http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2011/04/07/article-1374106-0B7D2ECB00000578-670_964x334.jpg
Hasil dari penggabungan 9 foto tersebut.

Gugusan bintang tersebut penuh warna. Menurut para ahli astronomi, penampakan itu adalah keajaiban malam yang sangat langka. Bayangkan galaksi tempat triliunan bintang dan miliaran planet terlihat secara kasat mata.

Bimasakti adalah galaksi tempat planet bumi berpijak. Galaksi ini sungguh besar. Bintang-bintang di dalam Bima sakti berwarna merah atau kuning.


Bimasakti berbentuk pusar. Terdapat empat tangan. Atau dikenali sebagai "Tangan Pemburu" (Hunter Arms). Kumpulan planet yang dikenali sebagai "Sistem Suria" terletak pada tangan ini, dan Bumi kita adalah satu daripada planet-planet di dalam kumpulan ini.


Sistem Suria kita terletak sedikit agak jauh daripada pusat galaksi ini. Matahari (dan sistem Suria kita) mengelilingi pusat galaksi ini, dan menyempurnakan satu putaran setiap 220 juta tahun atau lebih.


Sumber :

tempointeraktif.com