Welcome

menu

Detik Pos Indonesia

Kamis, 31 Maret 2011

Detik Pos Indonesia


Inilah Penyebab Mengapa Ulat Bulu Penuhi Rumah Warga di Probolinggo?

Posted: 30 Mar 2011 06:29 PM PDT

DETIKPOS.net - Kupu-kupu dengan cepat bertelur menghasilkan ulat. Dalam beberapa pekan, ulat-ulat itu kembali menjadi kupu-kupu setelah 'bertapa' di dalam kepompong.

Cepatnya peredaran serangga gatal ini, membuat tanaman di beberapa kecamatan di Probolinggo, Jawa Timur, menjadi persinggahan mereka. Sehingga ulat tersebut akan mencari tempat alternatif untuk berevolusi menjadi kupu-kupu.

"Untuk berubah menjadi kupu-kupu mereka harus mencari tempat teduh. Nah karena pohon-pohon sudah penuh, ulat-ulat itu mencari tempat lain. Makanya mereka ke rumah atap rumah warga," jelas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Hasyim Ashari saat dihubungi okezone, Rabu (30/3/2011).

Berdasarkan alasan ini, Haysim menepis bahwa ulat bulu tersebut hendak mencelakai manusia.

"Jadi ulat-ulat itu sebenarnya bukan ingin mengincar manusia. Karena mereka butuh tempat yang teduh dan yang ada hanya rumah karena pohon-pohon juga sudah penuh," terangnya lagi.

Soal penyebaran ulat yang cepat, Hasyim memaparkan, bahwa telur-telur ulat dihasilkan dari kupu-kupu. Bukan ulat yang melakukan perjalanan dari satu desa ke desa lain untuk berkembang biak.

"Kupu-kupu terbang ke tempat mana saja yang aman untuk menetaskan telur-telurnya. Kalau ulat sudah menetap di satu pohon dia tidak akan ke mana-mana lagi," sambung Hasyim.

Masalahnya, lanjut Hasyim, pihaknya sulit mendeteksi kupu-kupu karena mereka terbang pada malam hari. Sementara pada siang hari bersembunyi.

Karena itu, Hasyim menegaskan pihaknya akan terus melakukan penyemprotan hingga sepekan ke depan. "Dalam sebulan sudah bisa tuntas," ujarnya. [okezone/ris]

Blog Berita Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar