Welcome

menu

Detik Pos Indonesia

Kamis, 07 April 2011

Detik Pos Indonesia


Komite Normalisasi Memutuskan Kongres PSSI Akan Digelar 20 Mei 2011

Posted: 06 Apr 2011 09:37 PM PDT

DETIKPOS.net - Pertemuan pertama Komite Normalisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di kantor PSSI, Pintu X-XI Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, kemarin, memutuskan menggelar Kongres PSSI pada 20 Mei mendatang. Dalam kongres yang belum ditentukan tempatnya itu akan dipilih ketua umum, wakil ketua umum, dan para anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015.

Pendaftaran bagi tiga kategori pengurus PSSI itu dibuka dari 12 sampai 17 April. Komite Normalisasi kemudian akan menyeleksi para bakal calon dalam waktu lima hari. Mereka membuka banding bila, setelah diumumkan siapa yang lolos seleksi, ada yang tidak puas. "Seluruh kegiatan ini saya jamin akan dilaporkan kepada Saudara (media massa) agar transparan," kata Ketua Komite Normalisasi PSSI Agum Gumelar.

Langkah pertama mereka menuju kongres pemilihan adalah menyusun draf persyaratan pencalonan pengurus yang memenuhi standar dari badan sepak bola dunia, FIFA. Mereka akan mengirim rancangan tersebut ke FIFA di Zurich, Swiss, untuk mendapatkan persetujuan.

Untuk menghindari kekisruhan, Agum akan menggelar beberapa pertemuan guna membahas siapa saja yang berhak memberikan suara. Ia akan menemui 78 pemilik suara yang menggelar Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, 26 Maret lalu, dan pemilik suara lainnya pada 16 April nanti.

"Kami ingin mendengar apa saja yang sudah mereka lakukan dan sampai di mana," kata Agum. Ia menegaskan, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, kelompok 78 pemilik suara, Nurdin Halid cs yang sudah tidak diakui oleh pemerintah untuk mengelola PSSI, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia sepakat menerima keputusan FIFA.

Namun Aliansi Masyarakat Sepak Bola Save Our Soccer (SOS) dan suporter Persija Jakarta, The Jak Mania, berpendapat anggota komite tersebut perlu ditinjau ulang karena kurang kompeten. "Selain ketuanya, Agum Gumelar, tujuh anggotanya diindikasikan bermasalah. Cukup disayangkan, apa dasar dan alasan FIFA menunjuk tanpa disertai pertimbangan latar belakangnya," kata Apung Widadi, Koordinator SOS, di depan kantor PSSI kemarin.

Tujuh anggota itu adalah Joko Driyono (CEO Badan Liga Indonesia), Siti Nurzanah (Arema Indonesia), Sukawi Sutarip (Ketua Pengurus Provinsi PSSI Jawa Tengah), Hadi Rudiatmo (Persis Solo), Samsul Ashar (Persik Kediri), Satim Sofyan (Ketua Pengurus Provinsi PSSI Banten), dan Dityo Pramono (PSPS Pekanbaru).

Menurut catatan SOS dan The Jak Mania, tujuh anggota itu bermasalah. Antara lain diduga pernah menjadi tersangka korupsi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), berbau rezim Nurdin, merangkap pejabat pemerintah daerah, dan tidak merepresentasikan klub karena sudah tidak tercatat dalam kepengurusan di klub itu.

Ketua Komite Pemilihan PSSI hasil kongres Pekanbaru, Harbiansyah Hanafiah, berjanji akan mengawasi kinerja Komite Normalisasi bentukan FIFA. "Kalau sesuai aturan, baguslah. Tapi, kalau melanggar aturan, itu yang akan kami protes," kata Harbiansyah di Samarinda kemarin. [tempo/ris]

Blog Berita Indonesia

Hasil Liga Champion, Kamis 07 April 2011, Chelsea Vs Manchester United 0-1

Posted: 06 Apr 2011 06:46 PM PDT

DETIKPOS.net - Manchester United bisa sedikit bernafas lega, kemenangan 1-0 di Stamford Bridge, Kamis (7/4) dini hari WIB membuka peluang mereka untuk lolos ke semifinal Liga Champion.

Dalam laga antar klub Inggris ini, Manchester United tampil baik sejak awal. Anak asuh Sir Alex Ferguson bahkan sempat mendominasi laga di awal pertandingan. Chelsea mendapat peluang pertama melalui Didier Drogba di menit ke-18. Namun sepakan keras bomber Pantai Gading itu masih belum bisa menembus gawang United yang dikawal Van Der Sar.

Menit ke-24 bencana datang untuk pasukan Carlo Ancelotti. Sebuah serangan cepat mampu membawa United unggul melalui gol Wayne 'Wazza' Rooney yang memanfaatkan assist sempurna Ryan Giggs. Bagi Wazza, gol ini menjadi yang keempat dari dua laga terakhir setelah sebelumnya mencatat hattrick ke gawang West Ham.

Chelsea punya peluang bgaus untuk menyamakan skor di akhir paruh pertama. Namun sebauh sapuan Patrice Evra di garis gawang menggagalkan usaha mereka. Alhasil skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, The Blues mulai dominan. Namun berkali-kali serangan mereka selalu gagal. Penampilan cemerlang Van Der Sar dibawah mistar United makin menyulitakan Chelsea untuk mencetak gol penyeimbang.

Kiper asal Belanda itu tercatat membuat beberapa penyelamatan gemilang . Salah satunya ketika ia menepis tandukan keras Fernando Torres di menit ke-74. Memasuki akhir pertandingan, Chelsea mulai mengurung pertahan Setan Merah. Namun sayang serbuan mereka selalu gagal akibat buruknya penyelesaian akhir.

Hingga wasit meniup peluit panjng, United mampu mempertahankan keunggulan. Kemenangan tipis ini memang belum menjamin mereka untuk lolos ke semifinal. Namun dengan bermain di Old Trafford pada leg kedua, tentunya Setan Merah bakal lebih diunggulakan menatap laga kedua, pekan depan.

****

Chelsea: Cech, Bosingwa (Mikel 79') Terry, Ivanovic, Cole, Ramires, Lampard, Essien, Zhirkov (Malouda 70') Torres, Drogba (Anelka 70')
Man.United: Van der Sar, Rafael (Nani 51') Vidic, Ferdinand, Evra, Valencia, Giggs, Carrick, Park (Smailling 94') Hernandez (Berbatov 78') Rooney
[bolanews/ris]

Blog Berita Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar