Welcome

menu

Detik Pos Indonesia

Rabu, 06 Juni 2012

Detik Pos Indonesia


Lingkar Pinggang Besar, Risiko Diabetes Tinggi

Posted: 05 Jun 2012 07:25 PM PDT

DETIKPOS.net - Ini adalah peringatan bagi Anda yang memiliki lingkar pinggang besar. Sebuah riset teranyar mengindikasikan, seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih besar berpotensi lebih besar untuk mengidap diabetes tipe 2.

Dalam penelitiannya, ilmuwan mengkaji hubungan antara lingkar pinggang, indeks massa tubuh (BMI), pengukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan), dan diabetes tipe 2.

Hasil menunjukkan, baik lingkar pinggang dan BMI masing-masing punya hubungan dengan peningkatan risiko diabetes. Selain itu, risiko tersebut lebih kuat pengaruhnya terhadap wanita dibandingkan pada pria.

Temuan Claudia Langenberg, dari Institute of Metabolic Science di Addenbrooke Hospital di Cambridge, Inggris, dan rekannya ini dipublikasikan secara online pada 5 Juni 2012 dalam journal PLoS Medicine.

Peneliti berkesimpulan bahwa mengukur lingkar pinggang pada orang gemuk bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes, karena akan mengidentifikasi siapa orang yang berisiko tinggi dan mungkin manfaat dari konseling tentang perubahan gaya hidup,

"Hasil kami jelas menunjukkan sebuah nilai bahwa pengukuran lingkar pinggang mungkin dapat mengidentifikasi siapa saja orang-orang dengan kelebihan berat badan yang memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes," kata peneliti.

Langenberg dan rekannya mencatat, sekitar sepertiga dari orang di Amerika Serikat dan Inggris kelebihan berat badan.

Meskipun penelitian menunjukkan adanya hubungan antara lingkar pinggang lebih besar dan peningkatan risiko diabetes tipe 2, namun hal ini tidak membuktikan hubungan sebab-akibat. (kompas/ris)

Blog Berita Indonesia


Inggris Dinilai Tak Bisa Juara Piala Eropa 2012

Posted: 05 Jun 2012 11:06 AM PDT

DETIKPOS.net - Legenda Inggris, Teddy Sheringham, mengatakan 'The Three Lions' bisa menjadi juara Piala Eropa andai mereka bermain seperti Spanyol.

Sejak menjuarai Piala Dunia 1966 di negeri sendiri, Inggris tak pernah lagi menjuarai turnamen internasional. Inggris pernah ditunjuk lagi menjadi tuan rumah tahun 1996 di turnamen Piala Eropa. Namun langkah mereka terhenti di semifinal.

Sheringham menilai Inggris bisa menjadi juara asalkan mereka bisa meniru gaya permainan Spanyol. Di turnamen kali ini, Inggris tidak diunggulkan banyak pihak karena memang penampilan mereka yang dinilai biasa-biasa saja. Bagi Sheringham, Inggris tidak bisa menjadi juara Piala Eropa 2012. Ia menilai Spanyol masih menjadi kandidat kuat.

"Tim favorit saya adalah Spanyol. Inggris? Tidak, Inggris bukan tim unggulan di turnamen kali ini," ujar Sheringham kepada Goal.

"Inggris bisa menjuarai Piala Eropa ketika mereka mampu memainkan sepak bola seperti Spanyol," tukasnya.

Inggris tergabung di Grup D bersama Prancis, Swedia dan Ukraina. Mereka akan memulai laga perdana kontra Prancis, Senin (11/6/2012). Perjuangan Inggris cukup berat karena banyak pemain cedera dan tidak bisa diperkuat penyerang andalannya, Wayne Rooney di dua laga awal karena akumulasi kartu. (inilah/ris)


0 komentar:

Poskan Komentar