Welcome

menu

Detik Pos Indonesia

Sabtu, 21 Juli 2012

Detik Pos Indonesia


Kuil Kuno Maya Ditemukan di Guatemala

Posted: 20 Jul 2012 07:47 PM PDT

DETIKPOS.net - Arkeolog menemukan kuil kuno Maya yang berusia 1.600 tahun yang diduga merupakan tempat pemujaan kepada Matahari. Kuil itu ditemukan di situs arkeologi El Zotz, 550 km utara Guatemala City.

"Matahari merupakan unsur penting dalam kebudayaan maya. Matahari adalah sesuatu yang terbit setiap hari, menyinari setiap sudut dan celah, seperti halnya kekuasaan raja," kata Stephen Houston, profesor Brwon University yang terlibat penelitian.

"Bangunan ini adalah salah satu yang merayakan hubungan erat antara raja dan kekuatan yang paling kuat dan dominan di semesta," imbuh Houston yang bersama rekannya telah mempelajari situs El Zotz sejak tahun 2006 lalu.

Arkeolog mengatakan, kuil yang ditemukan sengaja dibangun untuk menghormati seorang tokoh pemimpin yang dikubur di bawah Diablo Pyramid, gubernur dan pendiri dinasti El Zotz pertama, bernama Pa'Chan atau langit yang diperkaya.

Penanggalan karbon yang dilakukan mengungkap, kuil Maya yang ditemukan berasal dari masa 350 - 400 Masehi. Peradaban maya menyebar ke Meksiko, Guatemala, Honduras, El Salvador, dan Belize. Diperkirakan, puncak peradaban maya adalah antara tahun 250 - 900 Masehi.

Kuil yang ditemukan dihiasi dekorasi berbentuk topeng dari bahan semen, setinggi 1,5 meter, yang masing-masing menggambarkan fase Matahari bergerak dari timur ke barat. Dekorasi lain adalah plesteran dari semen yang oleh tim peneliti dikatakan sangat mengagumkan.

Thomas Garrison, arkeolog University of Southern California yang juga terlibat penemuan dalam konferensi pers pada Rabu (18/7/2012) di Guatemala City mengatakan bahwa lebih dari setengah bagian kuil masih harus diekskavasi.

"Kuil mungkin memiliki 14 topeng pada dekorasi dinding bagian atas, tapi hanya 8 dianataranya yang sudah didokumentasikan sejauh ini," kata Edwin Roman, arkeolog dari University of Austin seperti dikutip AFP, Rabu kemarin.

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2012/07/20/18083282/Kuil.Kuno.Maya.Ditemukan.di.Guatemala

Blog Berita Indonesia


Barca Untung Rp 560 Miliar

Posted: 20 Jul 2012 07:36 PM PDT

DETIKPOS.net - Gagal di Liga BBVA dan Liga Champions musim 2011-2012, Barcelona malah untung secara ekonomi. Javier Faus, Wakil Presiden Barca Bidang Ekonomi, mengatakan, pihaknya meraih keuntungan finansial sebesar 48,8 juta euro (sekitar Rp 560 miliar).

Dua musim sebelumnya, Barca justru merugi meski meraih gelar Liga BBVA dan Liga Champions. Kegagalan Barca di musim 2011-2012 justru menambah keuntungan karena klub tersebut tak jadi membayar bonus kepada pemain sebesar 12 juta euro (sekitar Rp 137,8 miliar).

"Jika kami menjuarai Liga BBVA, maka keuntungan kami justru hanya 36 juta euro (sekitar Rp 413,3 miliar)," kata Faus kepada Reuters.

Secara total, Barcelona meraih penghasilan 494,9 euro (sekitar Rp 5,6 triliun). Artinya, penghasilan Barca mengalami kenaikan sebesar 21,5 juta euro (sekitar Rp 246,9 miliar).

Menurut Faus, kenaikan itu diraih tanpa menjual aset klub. Keuntungan itu sangat dibantu oleh penjualan tiket pertandingan, perbaikan sistem penjualan tiket, dan kontrak dengan Nike, serta penjualan merchandise. Selain itu juga ada penghasilan dari peminjaman beberapa pemain.

Sumber : http://bola.kompas.com/read/2012/07/21/02094383/Barca.Untung.Rp.560.Miliar

Blog Berita Indonesia


Kristen Stewart Operasi Payudara?

Posted: 20 Jul 2012 09:45 AM PDT

DETIKPOS.net - Kristen Stewart dikabarkan melakukan operasi payudara. Saat ini payudara Kristen telihat membesar dari ukuran sebelumnya.

Seperti dikutip TheSun, perubahan pada payudara cewek kelahiran 9 April 1990 itu terlihat saat ia menghadri acara red carpet film Twilight ke tiga pada November lalu.

Namun seorang juru bedah platik Dr. Matthew Schulman meragukan kalau perubahan ukuran payudara Kristen karena operasi. Ia meyakini itu berkat pengaruh bra yang dikenakannya.

"Payudaranya terlihat lebih besar dari ukuran A ke B. Tapi sementara ini itu mungkin hasil dari bra yang dipakainya," kata Dr. Matthew.

Dari seorang sumber yang merupakan teman dekat Kristen, menyatakan kalau kekasih Robert Stewart itu tak bahagia dengan ukuran payudaranya saat ini.

"Payudaranya yang kecil membuatnya tak bahagia," kata si sumber.

Sumber : http://artis.inilah.com/read/detail/1884769/kristen-stewart-operasi-payudara

Blog Berita Indonesia


Misteri Celana Dalam Wanita di Abad Pertengahan Belum Terpecahkan

Posted: 20 Jul 2012 09:28 AM PDT

DETIKPOS.net - Ahli arkeologi dunia asal Austria Beatrix Nutz mengatakan, penemuan bra di Istana Lemberg, Tyrol, Austria telah memberikan kontribusi baru terhadap sejarah pakaian dalam dunia.

Namun demikian, pihaknya masih harus bekerja keras menggali sejumlah situs kuno untuk menemukan lebih banyak data soal pakaian dalam pria dan wanita.

Pasalnya, menurut Nutz, sampai saat ini para arkeolog masih belum bisa memecahkan misteri soal apa yang dipakai perempuan abad pertengahan untuk menutupi alat kelaminnya.

Hasil penelitian ahli arkelogi University of Innsbruck, Austria menunjukkan bahwa perempuan pada masa itu masih belum mengenal celana dalam. "Ini masih menjadi missing link," kata Nutz dalam paparannya di Universitas Innsbruck, Austria, seperti dilaporkan Yahoo News, Kamis (19/7).

Nutz mengakui, saat timnya melakukan penggalian di kastil tersebut, pihaknya memang menemukan sejumlah celana dalam, tetapi itu milik pria.

"Perempuan pada masa itu diperkirakan tidak mengenakan apapun untuk menutupi alat kelaminnya. Tapi, ini masih misteri perlu penelitian lebih lanjut," ujarnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/196654

Blog Berita Indonesia


Ikan Aneh Punya Alat Kelamin di Kepala

Posted: 20 Jul 2012 09:13 AM PDT

DETIKPOS.net - Phallostethus cuulong adalah salah satu ikan aneh yang terdapat di kawasan Asia Tenggara. Pejantan ikan sepanjang hanya 2 cm ini memiliki alat kelamin di kepala.

Phallostethus cuulong adalah salah satu jenis ikan priapium, dinamai berdasarkan nama Dewa Kesuburan Yunani Kuno, Priapius. Ikan ini masuk dalam famili Phallostethidae.

Spesies tersebut ditemukan pada tahun 2009 oleh  Koichi Shibukawa dari Nagao Natural Environment Foundation Jepang di Sungai Mekong, Vietnam.

Alat kelamin jantan Phallostethus cuulong bukan berupa penis, tetapi priapium. Alat ini sebenarnya otot berbentuk pipa yang merupakan modifikasi dari sirip dada dan panggul.

Priapium memiliki 2 bagian. Di dekat ujungnya, ada bagian serupa gergaji yang bergerigi, disebut ctenactinium. Di bagian depan, ada bagian berbentuk batang disebut toxactinium.

Tak ada yang pernah melihat ikan ini kawin. Namun, diduga alat kelamin jantan dipakai untuk memegang betina saat kawin sebelum akhirnya mentransfer sperma.

Untuk membantu tugas tersebut, biasanya priapium condong ke satu arah. Phallostethus cuulong yang ditemukan Shibukawa seluruhnya punya priapium yang condong ke kanan.

Lynne Parenti dari Smithsonian Institution di Washington mengungkapkan, belum diketahui mengapa ikan ini berevolusi memiliki alat kelamin di kepala.

Namun, Phallostethus cuulong hanyalah salah satu jenis dari grup ikan Atherinomorpha, ikan yang memodifikasi sirip sebagai alat kelamin.

Pada Phallostethus cuulong, bukan cuma alat kelamin yang ada di kepala. Mulut dan anusnya pun terletak di bagian itu. Saluran cernanya berbentuk U.

"Tak ada banyak hal yang menuju ke belakang pada ikan ini," ungkap Parenti seperti dikutip New Scientist, Kamis (5/7/2012).

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2012/07/09/11265178/Ikan.Aneh.Punya.Alat.Kelamin.di.Kepala

Blog Berita Indonesia


Penduduk London Merasa Olimpiade Jadi Bencana

Posted: 20 Jul 2012 08:53 AM PDT

LONDON, DETIKPOS.net - Perhatian seluruh penduduk dunia akan tertuju ke Kota London mulai tanggal 27 Juli mendatang. Perhelatan akbar Olimpiade 2012 akan diadakan selama dua minggu di Ibukota Inggris tersebut. Namun, bagaimana komentar penduduk London soal ini?

Ketika atlet seluruh dunia sedang melenturkan badan dan sendi-sendi mereka untuk dapat bertanding di Olimpiade, penduduk London juga melakukan kegemaran mereka: mengeluh. Selain mengeluh, mereka sudah bersiap akan kemungkinan-kemungkinan terburuk, dan tentunya, protes yang mereka tujukan pada pemerintah.

Ketika ditanya mengenai apa yang mereka rasakan atas Olimpiade, penduduk London menjawab dengan tawa yang pahit, kata-kata seperti "sebuah kegagalan", "bencana", dan "negeri polisi". Orang-orang London ini juga menceritakan secara detail, bagaimana biasanya mereka berangkat bekerja dan dengan adanya Olimpiade, mereka tidak dapat lagi menjalankan rutinitasnya. Ini benar-benar mengganggu mereka.

"Pada akhirnya, ini menjadi masalah," kata Steve Rogers, seorang manager konstruksi. Ia keberatan dengan pengaturan kereta bawah tanah, penutupan jalan, dan bukannya memberikan pekerjaan untuk orang Inggris, Olimpiade malah memberikan pekerjaan untuk orang-orang Lithuania, Romania, dan Ceko.

Orang-orang Inggris mungkin terbiasa dengan cara mereka berhadapan dengan iklim yang tidak bersahabat. The Daily Mail bahkan sudah mengajak penduduk Inggris untuk mengantisipasi banjir yang mungkin akan terjadi.

"Kami sebenarnya mencari pelipur lara dan kenyamanan dalam keluhan-keluhan kami," kata Dan Hancock (31), seorang penulis lepas. "Olimpiade membuat orang menjadi negatif."

Di akun Twitternya, Hancock mengatakan kepada penduduk London, "Kita itu seperti terkunci di basement, ketika ada orang lain membuat pesta besar-besaran dengan tiket masuk yang mahal di rumah kita sendiri."

"Infrastruktur lalu lintas lumpuh hampir sama seperti kita sedang bersiap untuk perang," katanya dalam sebuah wawancara. "Mereka memperingati toko-toko untuk menimbun barang, mengimbau warga untuk tinggal di rumah. Jangan pergi ke mana-mana, jangan bepergian, tetap tinggal di sofa. Semua ini, katanya, untuk kepentingan kami sendiri. Ada tentara di jalanan. Kita seperti disiapkan untuk keadaan perang, dan setelah 60 tahun ada di dalam kondisi damai, orang-orang merasa tidak nyaman."

The Evening Standard melaporkan, "Pengguna tube komuter yang perjalanannya tertunda karena Olimpiade tidak akan dapat meminta ganti rugi dari perjalanan mereka. Padahal, mereka harus menunggu 30 menit sebelum dapat naik kereta."

Di sisi lain, The Daily Mail telah mempublikasikan artikel yang melaporkan kurangnya penjualan tiket Olimpiade yang telah terjual.

Kebanyakan penduduk London merasa bahwa mereka mendapatkan bagian paling buruk dari Olimpiade: biaya yang membengkak, kerumitannya, pengumuman resmi bahwa mereka harus tinggal di rumah, tidak melakukan apa-apa atau pergi ke mana-mana. Perusahaan pengamanan yang disewa oleh pemerintah dengan biaya yang besar terbukti tidak kompeten.

"Ini seperti tinggal di sebuah negara penuh polisi," kata seorang pemilik toko. Ia menjelaskan, perusahaannya berniat untuk memulai kampanye sosial media dengan mendompleng ketenaran Olimpiade. Namun, ia diperingati oleh para kuasa hukum untuk tidak menggunakan kata "Olimpiade" dalam iklan-iklannya. "Olimpiade" hanya boleh digunakan oleh para sponsor resmi Olimpiade 2012.

"Ini alasan mengapa Anda tidak akan melihat apapun yang berhubungan dengan Olimpiade di jendela toko-toko di jalan. Mereka terlalu takut," katanya.

Sumber : http://olimpiade.kompas.com/read/xml/2012/07/20/19400785/Penduduk.London.Merasa.Olimpiade.Jadi.Bencana

Blog Berita Indonesia


Facebook Satukan Ibu-Anak yang Terpisah Setengah Abad

Posted: 20 Jul 2012 12:22 AM PDT

DEERFIELD BEACH, DETIKPOS.net - Facebook membuktikan kekuatannya untuk menghubungkan orang-orang ketika situs jejaring sosial itu membantu menyatukan kembali seorang ibu dengan putrinya yang telah terpisah selama hampir setengah abad.

Stephanie Phillips menggunakan Facebook untuk melacak ibunya, Joan Wehrmeyer. Ia telah berpisah dengan ibunya saat masih bayi pada tahun 1960-an. Mereka berdua berbagi pelukan emosional ketika akhirnya bertemu di Restoran Two Georges di Deerfield Beach, Amerika Serikat, Selasa lalu; kurang dari sebulan setelah keduanya terhubung kembali melalui Facebook, lapor Mail Online, Kamis kemarin.

Wehrmeyer, yang punya nama gadis Courchene, berusia 17 tahun ketika menikah dengan Richard Botwin. Stephanie pun lahir tak lama setelah itu. Namun, karena sering bertengkar dengan keluarga suaminya, Wehrmeyer mengatakan kepada jaringan berita CBS4 bahwa dia merasa tak punya pilihan selain pergi. Ia meninggalkan putrinya dalam perawatan Botwin.

Stephanie terus tinggal bersama ayahnya di New Jersey, sementara ibunya, yang kini berusia 67 tahun, pindah ke South Florida dan menikah lagi. Ibunya kemudian melahirkan seorang anak dan seorang lagi hasil adopsi. Dia sekarang tinggal di Coral Springs.

Stephanie, sekarang 48 tahun, tinggal di Waynesburg, Pennsylvania. Ia menjelaskan bahwa bertemu ibunya merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Dia berkata, "Ketika saya tumbuh dewasa, saya tak pernah diizinkan untuk mengajukan pertanyaan (tentang ibu saya). Ini merupakan subyek yang benar-benar tabu."

Stephanie telah berusaha mencari ibunya bersama Rodney, suaminya, beberapa kali selama bertahun-tahun. Walau gagal melacak keberadaan ibunya, mereka berdua tidak mau menyerah.

Rodney membesarkan hati istrinya yang putus asa dengan mengatakan bahwa mereka akan menemukan ibu Stephanie. Kesempatan itu datang ketika Stephanie menemukan nama gadis, usia, dan dari mana ibunya berasal ketika merawat bibinya yang sakit.

Ia lalu melacak ibunya via Facebook. Untungnya Wehrmeyer menggunakan nama gadisnya ketika membuat profil di Facebook dan Rodney bisa terhubung dengannya. Setelah mengirim sejumlah pesan melalui situs itu, pasangan tersebut akhirnya mendapat balasan pada 18 Juni. Wehrmeyer membenarkan bahwa dia adalah ibu dari Stephanie. (ris)

Sumber : http://internasional.kompas.com/read/2012/07/20/11124267/Facebook.Satukan.IbuAnak.yang.Terpisah.Setengah.Abad

Blog Berita Indonesia


Ayu Azhari Bantah Bercerai dengan Mike Tramp

Posted: 20 Jul 2012 12:06 AM PDT

DETIKPOS.net - Lama tak pernah terlihat bersama dalam suatu acara atau kesempatan lainnya membuat pasangan artis peran Ayu Azhari dan suaminya, vokalis Mike Tramp, disebut-sebut telah mengakhiri hubungan rumah tangganya. Saat dikonfirmasi, Ayu dengan tegas membantahnya.

"Sumbernya dari mana itu? Begini ya, jawaban saya gini hari masih aja cerai. Kayak enggak tahu jadi istri," kata Ayu saat dihubungi wartawan per telepon di Jakarta, Kamis (19/7/2012) kemarin.

Ayu yang pernah mengalami dua kali perceraian mengaku sudah tak ingin mengulang kesalahan yang sama untuk ketiga kalinya.

"Buat saya, udah enggak pantas bercerai, bukan waktunya lagi untuk pisah. Kami sudah sama-sama dewasa, dan saling mengisi satu sama lain. Jangan sampai terjadilah (perceraian)," tekan Ayu.

Ayu menjamin jika rumah tangganya dengan Mike dalam keadaan harmonis. Bahkan, dalam waktu dekat Ayu berencana menunaikan ibadah umrah bersama anak-anaknya dengan seizin suami.

"Ya enggak benar. Kami malah sedang berencana untuk umrah. Besok (Jumat) saya baru akan mengurus visa anak-anak di Kedutaan Finlandia dan Denmark. Senin depan mungkin visanya akan keluar. Setelah itu, beberapa hari kemudian, baru akan umrah. Kalau suami datang ke Jakartanya pas Lebaran," jelas Ayu. (ris)

Sumber : http://entertainment.kompas.com/read/2012/07/20/13464238/Ayu.Azhari.Bantah.Bercerai.dengan.Mike.Tramp

Blog Berita Indonesia


0 komentar:

Poskan Komentar