Welcome

menu

Detik Pos Indonesia

Rabu, 19 September 2012

Detik Pos Indonesia


Apakah Yesus Dulu Menikah?

Posted: 18 Sep 2012 08:31 PM PDT

DETIKPOS.net | KOMPAS.com - Sebuah fragmen yang sebelumnya tidak diketahui yang merupakan bagian dari papirus kuno yang ditulis pada masa Koptik Mesir kuno mencantum kata-kata "Yesus berkata kepada mereka, istriku...". Temuan itu tampaknya akan memperbaharui perdebatan sengit di kalangan Kristen soal apakah Yesus dahulu menikah.

Keberadaan fragmen dari abad keempat itu - yang tidak lebih besar dari sebuah kartu nama - terungkap pada konferensi di Roma, Selasa (18/9/2012), oleh Karen King, seorang Hollis Profesor of Divinity di Harvard Divinity School di Cambridge, Massachusetts.

"Tradisi Kristen telah lama berpendapat bahwa Yesus tidak menikah, walau tidak ada bukti sejarah memadai yang tersedia untuk mendukung klaim tersebut," kata King dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan Harvard.

"Injil baru ini (memang) tidak membuktikan bahwa Yesus menikah, tetapi hal itu memberitahu kita bahwa seluruh pertanyaan hanya muncul sebagai bagian dari perdebatan yang riuh tentang seksualitas dan perkawinan."

Terlepas dari penegasan Gereja Katolik bahwa Yesus tidak menikah, soal itu muncul kembali secara teratur, terutama dengan publikasi novel The Da Vinci Code karya Dan Brown yang menjadi best seller tahun 2003, yang membuat marah banyak orang Kristen karena kisah novel itu didasarkan pada gagasan bahwa Yesus menikah dengan Maria Magdalena dan punya sejumlah anak.

King mengatakan fragmen itu, yang diungkap pada Kongres Internasional Kesepuluh Studi Koptik, memberikan bukti pertama bahwa sejumlah orang Kristen perdana percaya bahwa Yesus menikah.

Roger Bagnall, direktur Institut untuk Studi Dunia Kuno di New York, mengatakan dirnya yakin fragmen itu, yang oleh King disebut sebagai "Injil Tentang Istri Yesus", otentik.

Namun pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan para ahli, serta pengujian tambahan terhadap fragmen papirus itu, yang dilukiskan berwarna kuning kecoklatan dan sudah compang-camping.

Fragmen tersebut miliki seorang kolektor pribadi anonim yang telah menghubungi King untuk membantu menerjemahkan dan menganalisanya. Fragmen itu diperkirakan ditemukan di Mesir atau mungkin Suriah.

King mengatakan, hingga sebelum tahun 200 Masehi tidak ada klaim yang kemudian mulai muncul ke permukaan, melalui seorang teolog yang dikenal sebagai Clement dari Alexandria, bahwa Yesus tidak menikah.

"Fragmen ini menunjukkan bahwa orang-orang Kristen lainnya dari periode itu mengklaim bahwa ia (Yesus) sudah menikah" tetapi tidak memberikan bukti nyata tentang pernikahan itu, katanya.

"Tradisi Kristen hanya melestasikan suara-suara yang menyatakan Yesus tidak pernah menikah. 'Injil Tentang Istri Yesus' sekarang menunjukkan bahwa sejumlah orang Kristen berpikir sebaliknya."

Analisa King tentang fragmen itu akan dipublikasikan dalam Harvard Theological Review edisi Januari 2013. Dia telah mem-posting draft makalahnya itu, dan foto-foto fragmen tersebut, di situs web Harvard Divinity School.



Editor : Risma

Blog Berita Indonesia


LIGA CHAMPIONS 2012/2013, Real Madrid Vs Manchester City 3-2 Video Highlights

Posted: 18 Sep 2012 07:12 PM PDT

DETIKPOS.net | BISNIS.com - Real Madrid menumbangkan Manchester City 3-2 secara dramatis setelah ketinggalan 0-1 dan 1-2 dalam pertandingan Liga Champions fase grup di Santiago Bernabeu.

Gol Real Madrid di cetak oleh Marcello menit ke-75, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo menit ke-90.

Adapun, gol City dicetak oleh Kolarov yang membuat City unggul 2-1. Sebelumnya, gol City dicetak oleh Edin Dzeko di menit ke-68.

Kick off babak pertama dilakukan oleh Madrid. Pemain-pemain Los Blancos masih santai memainkan bola.

Dari susunan formasi yang ditampilkan. Real Madrid mengubah dua pemain dibandingan melawan Sevilla, Ozil diganti Essien dan Varane menggantikan Sergio Ramos.

Dari City, pemain Matija Nastisic melakukan debut usai pindah dari Fiorentina. Sementara itu, Aguero berada dicadangan sehingga Carlos Tevez bermain sebagai striker tunggal.

Menit ke-2 Cristiano Ronaldo langsung membuat peluang. Ronaldo melakukan shooting dari luar kotak pinalti yang arahnya masih menyamping dari gawang.

Madrid terus melakukan tekanan hebat ke gawang City yang kali ini menggunakan formasi 4-5-1. Varane yang ditunjuk untuk menggantikan Ramos sejauh ini tampil dengan sangat tenang, Tidak ada rasa canggung sama sekali baginya.

Pada menit ke-6, Satu serangan yang dilakukan oleh City melalui David Silva masih belum berhasil. Dia gagal melakukan kontrol bola di sisi kiri.

Memasuki menit ke delapan. City sudah menemukan pola untuk menyerang. Namun mareka masih tertahan di kokohnya benteng Madrid yang digalang duet Varane dan Pepe.

Di menit ke-9, Ronaldo Menyerang cepat dari sisi kiri, dia meliuk cepat dan melepaskan tendangan datar yang keras. Namun masih bisa ditepis oleh Joe Hart. Tendangan sudut didapat Madrid namun gagal berbuah gol.

Masih sulit bagi City untuk keluar dari tekanan, apakah level permainan yang mereka lakukan di liga Inggris berbeda dengan laga eropa?.

Silva yang menjadi sisi kreatif di kubu City kurang mendapatkan dukungan ketika menyerang. Pemain City masih bingung menempatkan diri ketika mereka menyerang.


Di menit ke-35, Nasri yang keluar lapangan terlihat tergopoh-gopoh sambil memegang pahanya. Ada indikasi jika dirinya mengalami cedera. Nasri pun digantikan Aleksandar Kolarov.

Argg!!! Madrid masih sering melakukan salah umpan. Bola lambung yang banyak diperagakan oleh anak buah Mou dengan mudah dihentikan.

Mourinho keluar dari bench dan memerintah anakbuahnya agar lebih ketat dalam melakukan pressing.

Ronaldo tidak banyak melakukan aksi magis kali ini, dia banyak terkawal dengan ketat oleh pemain City.

Memasuki babak ke-2, City langsung melakukan tekanan dari sisi kanan melalui Maicon. Tetapi umpan crossing dari Maicon masih belum bisa berhasil.

baru berjakan 2 menit, Di Maria!! Keras sepakan dia. Masih membentur bek City. Bola kemudian meluncur keras ke bawah sayang arahnya melebar.

Menit ke-56, Pressing ketat dilakukan oleh Kompany kepada Ronaldo. Hingga pemain Portugal itu terjatuh namun bukan pelanggaran.

Madrid tetap sama dengan di babak pertama. Melakukan tekanan namun masih gagal berbuah gol.

Asyik menyerang dan menekan pertahanan City, Real Madrid kecolongan di menit ke-68 saat Dzeko melepaskan tendangan ke arah gawang dan gol, 1-0 untuk City.

Serangan balik cepat yang dilakukan oleh City mengarah kepada Yaya Toure. Kemudian dia mengoperkan bola ke Edin Dzeko dan keras sepakan Dzeko membobol gawang Casillas.

Marcello mencetak gol di menit ke-75 melalui tendangan pisang dari luar kotak penalti. Marcelo yang berlari kedepan di sisi kiri tiba-tiba meliuk ke tengah dan melepaskan sepakan dengan kaki kanan, Bola keras menghujam pojok kanan atas gawang Hart. 1-1 skor Madrid vs City.(api)

SUSUNAN PEMAIN:

MANCHESTER CITY: Joe Hart, Clichy, Kompany, Nastasic, Maicon, Toure Y, Nasri, Barry, Silva, Garcia, Tevez

REAL MADRID: Iker Casillas; Arbeloa, Pepe, Varane, Marcelo; Khedira, Xabi Alonso; Di María, Essien, CR7; Higuaín

Video Real Madrid Vs Manchester City 3-2 :



Editor : Risma

Blog Berita Indonesia


Real Madrid vs Manchester City: Perang Dua Jawara

Posted: 18 Sep 2012 10:45 AM PDT

DETIKPOS.net | TRIBUNNEWS.com - Perhelatan akbar Liga Champions langsung mengetengahkan perang panas pada matchday pertama penyisihan grup musim ini. Dua tim papan atas Eropa, Real Madrid dan Manchester City, akan terlibat pertarungan sengit di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (19/9/2012) dinihari.

Inilah pertarungan yang akan mempertemukan dua jawara dari dua liga terbaik di Eropa, bahkan Dunia. Madrid merupakan juara Primera La Liga Spanyol sedang City menyandang status kampiun Premier League Inggris.

Pertemuan kedua tim tajir inipun menghadirkan pertarungan strategi dua pelatih jenius, Jose Mourinho versus Roberto Mancini. Keduanya akan menjadi sutradara di belakang layar dengan mengandalkan aktor-aktor berlabel bintang lapangan hijau.

Usai menelan kekalahan 0-1 dari Sevilla di ajang La Liga, Madrid pun langsung mengalihkan perhatiannya melawan City. Inilah langkah awal Madrid mewujudkan ambisi belum terwujud; merebut gelar Liga Champions ke-10!

Sebelum laga panas ini, Pelatih Madrid Jose Mourinho berkoar bahwa sejarah gemilang yang telah ditorehkan Madrid dengan menjuarai sembilan kali Liga Champions jadi perbedaan besar antara timnya dengan City.

Namun faktanya kondisi terkini Madrid dan City bertolak belakang. Madrid terlihat terlunta-lunta di awal musim kompetisi La Liga setelah berselisih delapan angka dengan musuh bebuyutan Barcelona. Mereka sudah dua kali menelan kekalahan dan sekali seri dari empat laga.

Sementara City terlihat masih cukup survive mentas di Liga Primer sebagai usaha kuat mereka memertahankan gelar juara di kompetisi domestik. Atas dasar itu, gelandang pengalaman City Yaya Toure mengaku siap membuat Madrid menderita.

Pemain asal Pantai Gading tersebut bahkan sangat optimistis timnya bisa menaklukkan Los Blancos pada laga perdana penyisihan Grup D tersebut. Ini terkait dengan sikap Mourinho yang terlalu meremehkan punggawa Roberto Mancini.

Seperti biasa, pelatih asal Portugal tersebut kembali mengeluarkan pernyataan yang membuat seluruh armada The Citizens sangat sakit hati. Mourinho mengatakan kalau City akan sangat sulit mengalahkan Madrid. Pasalnya Madrid adalah tim yang luar biasa.

"Madrid memang tim yang hebat namun bukan berarti kami tidak bisa menaklukkan mereka. Kami sudah melakukan persiapan yang sangat matang untuk bertandang ke markas mereka. Kami akan menimbulkan masalah di sana. Kami akan membuat mereka tertekan dan kami juga tentunya akan membawa pulang tiga poin dari sana," ujar Yaya dilansir goal.com, Senin (17/9/2012).

Motivasi punggawa The Citizens juga semakin bertambah mengingat hasil buruk yang mereka kemas pada Liga Champions musim lalu. Mereka tidak mau mengulang kesalahan tersebut.

"Musim lalu kami gagal di Liga Champions namun musim ini kami tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Kami akan bermain penuh konsentrasi menghadapi Madrid pada laga perdana penyisihan Grup D ini. Pertandingan tersebut akan menjadi kunci untuk kami semua. Jika berhasil maka langkah kami akan sedikit lebih ringan," jelas eks gelandang Barcelona itu.

Realistisnya kondisi Madrid memang tidaklah seharmonis City. Berbagai masalah internal menerpa Los Blancos mulai dari aksi kontroversial bintang mereka Cristiano Ronaldo yang mengaku tidak bahagia serta kabar burung yang menyatakan CR7 akan hengkang.

Apalagi setelah kekalahan Madrid dari Sevilla di laga terakhir La Liga, sangat terlihat pemain Madrid bermain tanpa adanya sebuah motivasi untuk memenangkan pertandingan. Faktor-faktor itu yang diprediksi akan memperberat Madrid menaklukkan The Citizens.

"Kami harus bisa lebih berkembang dan mengubah sikap kami. Saya selalu mengatakan, kami semua bersalah di saat kalah, dari awal hingga akhir. Saat menang, kami melakukannya secara bersama-sama. Dan, saat kalah, kami juga melakukan secara bersama-sama," kata bek Madrid Sergio Ramos dilansir situs resmi Madrid.

Beruntungnya Madrid tak memiliki masalah serius dengan kondisi pemain. Keseluruhan skuad Madrid berada dalam kondisi fit dan siap tempur. Namun masalahnya Mourinho harus mampu memotivasi skuadnya agar kembali ke mental kemenangan.

Di sisi lain The Citizens datang ke Madrid dengan kabar gembira setelah penyerang andalan mereka Sergio Aguero sembuh dari cedera. Penyerang asal Argentina itu bisa jadi ancaman serius buat Madrid.

Aguero menjadi pemain kunci City yang selalu haus gol. Motivasi Aguero untuk mengalahkan Madrid juga sangat besar setelah dia tak pernah memenangkan laga melawan Madrid saat dirinya masih memperkuat Atletico Madrid.

Sementara Madrid berharap pemain bintangnya, Ronaldo, kembali menemukan performa terbaiknya. CR7 akan menjadi tumpuan El Real untuk mendulang kemenangan bersama Mesut Oezil, Luka Modric, dan Karim Benzema.

Adapun bursa taruhan lebih mengunggulkan Madrid dibanding City. Rumah judi tenar Inggris William Hill memberi koefisien 4/6 untuk kemenangan Madrid, 11/4 untuk hasil seri, dan 4/1 untuk kemenangan City.

Kecenderungan serupa terlihat dari koefisien yang ditawarkan rumah judi Eropa yang berbasis di Austria, Bwin; 1,60 untuk kemenangan Madrid, 3,90 untuk hasil imbang, dan 5,25 untuk kemenangan City.

Editor : Risma

Blog Berita Indonesia


Tembok Besar China Terlihat dari Bulan, Mitos atau Fakta?

Posted: 18 Sep 2012 10:33 AM PDT

DETIKPOS.net | VIVA.co.id - Tayangan kartun "Ripley Believe It or Not!" pada tahun 1932 menyebut Tembok Besar China adalah sebuah karya agung manusia, satu-satunya yang akan terlihat dengan mata telanjang dari bulan. Sejak itulah, klaim mencuat, bahwa bangunan sepanjang 8.851 km itu -- yang terpanjang sepanjang sejarah manusia, bisa disaksikan dari luar angkasa.

Benarkah?

Coba pikirkan, apa yang bisa lihat dari bulan, yang melayang sejauh 230.000 mil atau 370.000 kilometer dari bumi?

Bahkan bumi sekalipun terlihat seperti bola biru dan putih dengan bercak kuning, coklat, atau hijau yang mengintip melalui awan yang berlimpah. Jika cuaca cerah, fitur bumi yang hanya dapat dilihat mata astronot dari bulan, hanyalah wilayah yang besar seperti Jazirah Arab.
Tembok Besar China baru bisa dilihat luar angkasa melalui teleskop atau kacamata dengan kemampuan 17.000 kali ketajaman visual normal. Sebab, bangunan itu hanya berukuran tinggi 20 kaki atau 6.09 meter dan lebar hanya 6 meter. Itupun bentuknya hanya menyerupai cacing tanah.

Jika Tembok Besar terlalu jauh untuk dilihat dari Bulan, bagaimana dengan titik lain di luar angkasa?

Batas ketinggian atmosfer yang memungkinkan untuk dilakukan pemotretan disebut "Karman line" atau 100 kilometer di atas permukaan air laut. Itu sudah maksimal. Garis itu menandai titik di mana udara sangat tipis, wilayah ini juga tidak memungkinkan bagi penerbangan aerodinamis, sekaligus merupakan orbit terendah yang diambil pesawat ruang angkasa dan satelit. Stasiun Luar Angkasa Internasional, berkisar lebih tinggi sekitar 250 mil atau 400 kilometer di atasnya.

Pertanyaannya, dapatkah seseorang melihat Tembok Besar dari jarak seperti itu?

Ini yang rumit, ada yang mengatakan, bisa, dengan syarat kondisi atmosfer dan pencahayaan sempurna. Namun, meskipun Tembok Besar China memiliki panjang lebih dari 8.000 km, ia tidak memutus pola lanskap.

Komponen bahan tembok tersebut, yang sebagian besar terdiri dari batu dan tanah liat, tidak menonjol dari warna-warna alami bumi.

Bahkan, astronot pertama China, Yang Liwei mengaku, ia tidak bisa melihat Tembok Besar selama misinya pada tahun 2003 lalu. Kabut polusi China yang tersebar luas mungkin tidak mengizinkannya melihat peninggalan berharga leluhurnya.

Namun, mungkin ada alasan lain kenapa Tembok Besar tidak kelihatan mencolok. Norberto López-Gil, profesor ilmu visi University of Murcia, Spanyol, melihat dinding tersebut dari luar angkasa secara fisik tidak mungkin bagi mata manusia.

Menurutnya, menatap Tembok Besar hanya dari jarak 100 mil atau 160 kilometer saja, hanya akan terlihat seperti kabel dengan lebar dua centimeter. Untuk mampu melihat tembok tersebut, sejauh itu, mata manusia membutuhkan ketajaman setidaknya tiga kali lipat dari ketajaman burung elang.

Bahkan dengan asumsi mata anda mampu melihat dengan ketajaman seperti itu, melihat Tembok Besar China, atau bangunan bikinan manusia apapun, dari luar angkasa adalah tak masuk akal.

Sebelumnya, NASA mengatakan astronot bisa melihat kota-kota, jalan raya, jembatan, bendungan dan bandara, serta lampu-lampu kota di malam hari. Itu memang benar, tapi semuanya dilihat dari orbit bumi.

Kesalahpahaman selama ini mungkin timbul dari foto beresolusi tinggi dengan obyek luar angkasa, yang dapat diperbesar, dipotong dan diolah sehingga fitur buatan manusia cukup jelas nampak.
Secara khusus, sebuah satelit dengan radar pencitraan dan resolusi tinggi dapat dengan mudah membidik Tembok Besar China. Tapi untuk semua mata manusia, itu mustahil.

Editor : Risma

Blog Berita Indonesia


Al Qaeda Ancam Serang Diplomat AS

Posted: 18 Sep 2012 10:16 AM PDT

DETIKPOS.net | LIPUTAN6.com - Kekerasan akibat film Innocence of Muslims di Youtube terus terjadi. Kelompok radikal Al Qaeda mengancam menyerang diplomat Amerika Serikat yang tengah bertugas di wilayah Timur Tengah. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan, Selasa (18/9), Al Qaeda menyatakan akan menyerang diplomat AS di Algeria, Tunisia, Maroko, dan Mauritania.

Lebih jauh, Al Qaeda juga memberikan sanjungan kepada warga Libia yang berhasil membunuh Duta Besar AS untuk Libia Christopher Stevens. Menurut mereka, terbunuhnya Stevens merupakan peringatan bagi siapa pun yang dianggap melecehkan agama Islam.

Dalam hal ini Al Qaeda mengungkapkan, meski mereka adalah kelompok militan, mereka tak pernah menghina atau melecehkan agama lain.

Al Qaeda berbasis di Yaman mengeluarkan seruan serupa. Mereka akan menyerang fasilitas diplomatik AS di Semenanjung Arab. Kelompok ini adalah cabang Al Qaeda yang paling aktif di Timur Tengah.

Editor : Risma

Blog Berita Indonesia


0 komentar:

Poskan Komentar