Welcome

menu

Detik Pos Indonesia

Rabu, 22 Mei 2013

Detik Pos Indonesia


Saingi Eyang Subur, Arya Wiguna Jadi Cawabub

Posted: 21 May 2013 09:50 PM PDT

DETIKPOS.net - Kepopuleran Arya Wiguna, salah satu bekas murid Eyang Subur bukan saja ia manfaatkan di panggung hiburan. Soalnya, dia juga akan terjun ke ranah politik dengan mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati Kolaka, Sulawesi Tenggara pada Pilkada Kolaka yang digelar Oktober 2013.

Salah satu orang terdekat Arya, pengacara Farhat Abbas yang dikonfirmasi Liputan6.com membenarkan informasi tersebut. Dia mengatakan setiap orang berhak berpartisipasi ke dunia politik.

"Kan Eyang Subur mau jadi Presiden. Dan Arya juga punyak hak politik dong. Jadi sah-sah saja," kata Farhat saat dihubungi, Selasa (21/5/2013)

Tapi sampai saat ini, Arya bersama tim masih mencari strategi lanjutan terkait pencalonan tersebut. Kata suami Nia Daniati itu, kemungkinan besar pria yang terkenal lewat jargon 'Demi Tuhan' itu bakal maju dari calon independen. "Kalau partai belum ya. Mungkin independen," ujar Farhat.

Arya juga masih menunggu hasil survei masyarakat Kolaka. Bila memang elektabilitasnya tinggi, jalan menuju orang nomor dua di Kolaka akan terus berlanjut. "Saya sih memberi dukungan saja. Kalau memang elektabilitasnya tinggi pasti saya dukung," tandasnya.

Sumber: liputan6.com

Terkuak! Misteri Wabah Kelaparan Pembunuh 1 Juta Orang Irlandia

Posted: 21 May 2013 09:47 PM PDT

DETIKPOS.net - Wabah kelaparan dramatis terjadi di Irlandia tahun 1845-1852 -- Irish Potato Famine. Dipicu kegagalan panen kentang, makanan pokok penduduk kala itu. Akibatnya tak main-main, 1 juta orang tewas, 1 juta lainnya meninggalkan negeri itu.

Kini para ilmuwan berhasil menguak misteri penyebab gagalnya panen kentang kala itu. Tim yang dipimpin Sainsbury Laboratory, Norwich, menelusuri penyebaran secara global hawar --salah satu dari gejala serangan suatu patogen tumbuhan-- kentang dari tahun 1800-an hingga sekarang.

Caranya, para peneliti dari Inggris, Jerman, dan AS menganalisa daun kering koleksi museum Kew Royal Botanical Gardens, Inggris dan Botanische Staatssammlung Munchen, Jerman.

Teknik sekuensing DNA berteknologi tinggi membuka peluang para ilmuwan untuk memecahkan kode DNA dari sampel patogen yang disimpan pada awal 1845 itu.

DNA yang diekstraksi dari spesimen koleksi museum menunjukkan, strain yang menyebabkan wabah kelaparan besar berbeda dengan epidemi modern: strain HERB-1. Yang kini diperkirakan telah punah.

Infeksi mirip jamur itu telah mengakibatkan kerugian amat besar, hilangnya jumlah kentang yang bisa menghidupi jutaan orang tiap tahun.

"Strain ini berbeda dari semua strain modern yang kami analisis, kemungkinan besar baru bagi ilmu pengetahuan," kata Prof Sophien Kamoun dari Sainsbury Laboratory seperti dilansir dari BBC News, Rabu (22/5/2013).

"Kami belum bisa memastikannya, namun diperkirakan kini telah punah."

Membuka Cakrawala Baru

Para peneliti yakin, strain HERB-1 muncul pada awal tahun 1800-an dan menyebar ke seluruh dunia sepanjang abad ke-19.

Phytophthora infestans -- yang menyebabkan hawar kentang -- muncul di Amerika Serikat pada 1844, dan menyebar ke Eropa pada tahun berikutnya.

Musim panas 1845 yang ringan tetapi sangat basah di Inggris dan Irlandia, memberikan kondisi yang sempurna untuk penyebaran hawar.

Dan pada abad ke-20, setelah varietas kentang baru diperkenalkan, HERB-1 tersingkir, digantikan strain Phytophthora infestans yang lain, US-1, yang mendominasi sebagai hama kentang hingga saat ini.

Hingga kini belum jelas bagaimana strain awal Phytophthora infestans tersebut saling terkait dengan yang ada saat ini. Namun, dengan memperbandingkan dengan jenis genetik modern dari Eropa, Afrika dan Amerika, memberikan wawasan baru terkait evolusi patogen.

"Mungkin strain ini menjadi punah ketika varietas kentang tahan hama pertama dibiakkan pada awal abad ke-20," kata Kentaro Yoshida dari Sainsbury Laboratory.

"Yang pasti adalah bahwa temuan ini akan sangat membantu kita memahami dinamika patogen. Membuka jalan untuk penemuan lebih banyak harta karun ilmu dalam bidang herbarium."

Para ilmuwan menyajikan temuannya dalam jurnal eLife. Pesan penting yang ingin disampaikan bahwa metode pemuliaan tanaman dapat berdampak pada evolusi patogen.

Sumber: liputan6.com

Persela Siap Balas Dendam pada Arema

Posted: 21 May 2013 09:42 PM PDT

DETIKPOS.net - Menjamu Arema dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) musim 2012/2013 di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (22/5/2013), Persela Lamongan berambisi memperoleh poin penuh. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu ingin menunaikan dendam atas Singo Edan, julukan Arema. Pasalnya Arema sempat mengalahkan Persela 0-2 pada putaran pertama LSI.

Dengan bermodalkan kemenangan 3-0 atas Persita Tangerang pada laga sebelumnya, Gustavo Lopez dan kawan-kawan dituntut melanjutkan trend positif. Target kemenangan itu diharapkan memperbaiki posisi Persela yang saat ini berada di peringkat 11 dengan 22 poin. Sedangkan Arema di posisi 4 dengan 38 poin. Pelatih caretaker Persela Lamongan, Didik Ludiyanto mengaku pihaknya mengetahui kekuatan Arema. "Kami telah mengevaluasi penyebab kekalahan kami atas Arema di putaran pertama," kata Didik, Selasa (21/5/2013).

Meski demikian, Didik meminta kepada anak asuhnya agar tetap waspada saat menghadapi Arema. Pasalnya Arema merupakan tim yang kuat. "Kekuatan Arema berbeda dengan Persita. Mereka tim yang sulit untuk dikalahkan. Ini harus diperhatikan seluruh pemain," ucap Didik.

Didik menuturkan bahwa kekalahan anak asuhnya oleh Arema karena kesalahan pemain belakangnya. Sehingga salah satu gol karena tendangan penalti. Oleh karena itu, Didik berharap kesalahan di lini belakang tidak terulang. "Pemain belakang kami harus tampil koordinatif dan disiplin. Jangan sampai melakukan pelanggaran yang berbuah penalti untuk tim tamu," tutur Didik.

Pada laga nanti Didik memiliki dua pilihan formasi, yaitu 4-2-3-1 atau 4-4-2. "Formasi apa yang akan dipakai tergantung kesiapan pemain. Yang penting semua pemain lawan harus diwaspadai. Anak-anak harus bisa menjalankan semua instruksi yang berikan secara baik," jelas Didik.

Sementara itu, pelatih Arema, Rahmad Darmawan (RD) mengaku tidak meremehkan Persela, karena tim tuan rumah diperkuat pemain yang memiliki skill individu mumpuni. Duo striker Persela, Samsul Arif dan Mario Costas memiliki skiil yang berbeda. Samsul bisa mengandalkan kecepatannya untuk menerobos pertahanan Singo Edan. Sedangkan Costas memiliki kecerdikan untuk mengecoh barisan Arema. Zaenal Arif juga bisa mempertanguuh lini tengah Persela. "Pemain kami harus mampu meredam pemain Persela dengan kelebihan dan cara bermainnya," kata RD.

Untuk menundukan Persela, RD tidak bisa hanya mengandalkan permainan terbuka atau tertutup. Pasalnya permainan terbuka justru memudahkan pemain Persela menerobos pertahanan Arema. Sedangkan permainan secara tertutup akan menumbuhkan kecerdikan Costas. "Oleh karena itu, saya harus memperhatikan keseimbangan permainan tim," ucap RD.

RD yang memboyong 20 pemain itu menuturkan pihaknya menargetkan bisa melanjutkan tren positip setelah sebelumnya menundukan Persiwa Wamena. Namun RD mengaku tertantang dengan kondisi lapangan Surajaya yang dikenal memiliki kontur tanah yang keras karena terik matahari dan menjadi sangat becek saat hujan. "Mudah-mudahan anak-anak bisa cepat beradaptasi karena lapangan tidak ideal untuk passing pendek-cepat," ujar RD.

Pada laga itu RD tidak membawa Alberto 'Beto' Goncalves karena masih dalam masa pemulihan cedera otot paha kirinya. Namun pemain lain siap diturunkan seperti kiper ada Kurnia Meiga Hermansyah dan I Made Wardana. "Untuk memperbanyak pilihan dalam menyusun strategi bertahan, saya membawa tujuh pemain bertahan, seperti Thierry Gathuessi, Munhar, Victor Igbonefo, Benny Wahyudi, Hasim Kipuw, Yericho Christiantoko dan Gilang Ginarsa," jelasnya.

Pada pos lini tengah, RD membawa lima pemain, yaitu Dedi Kusnandar, Egi Melgiansyah, I Gede Sukadana, Joko Sasongko, dan Hendro Siswanto. Pada posisi sayap, RD menyiapkan Sunarto, Dendi Santoso, Irsyad Maulana dan Keith Kayamba Gumbs. Sementara itu, Greg Nwokolo tampaknya tetap diplot sebagai striker berduet dengan Christian Gonzales. Tanpa kehadiran Beto, Sunarto dan Dendi memiliki kesempatan lebih banyak untuk bermain sebagai starter melawan Persela.

Sumber: tribunnews.com

David Karp, Remaja Pendiri Situs "Rp 10 Triliun" Tumblr

Posted: 21 May 2013 09:00 PM PDT

DETIKPOS.net - Muda, cerdas, kaya raya. Itulah David Karp (26), pendiri Tumblr. Senin (20/05/2013) lalu, perusahaan miliknya dibeli oleh Yahoo dengan harga fantastis 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 10 triliun. Nilai itu sepenuhnya akan dibayarkan dalam bentuk tunai oleh Yahoo.

Tumblr memang menarik. Sejak didirikan pada tahun 2007, Tumblr sudah menjadi rumah bagi 105 juta blog yang dimiliki oleh orang-orang dari segala penjuru dunia.

David Karp lahir pada tanggal 6 Juli 1986 di Manhattan, New York. Dia daerah itu pula, dia dibesarkan. Ketika berusia 11 tahun, David sudah mulai belajar tentang HTML dan merancang website. Ketika kecil, sebenarnya dia sempat bercita-cita untuk bisa kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Tetapi, saat usianya masih 14 tahun, dia sudah mulai merasa bosan dengan sekolah.

Ibu David, Barbara Ackerman, bisa dibilang merupakan orang yang paling berperan dalam membuka jalan bagi kesuksesan anaknya itu. Dalam sebuah artikel di NYTimes.com yang ditulis oleh Jenna Wortham dan Nick Bilton, diceritakan tentang perkenalan David dengan Fred Seibert, seorang produser TV ternama di AS. Saat itu tahun 2000. David berusia 14 tahun dan sudah duduk di bangku SMA. Sementara Seibert, masih bekerja sebagai creative director di MTV.

Ibu David yang bekerja sebagai guru sains di Calhoun School, sekolah swasta di kawasan Upper West Side, Manhattan, mengajar anak-anak Seibert dan berteman baik dengan istrinya. Kepada istri Seibert, ibu David bercerita tentang anaknya yang cerdas, yang tengah merasa bosan dengan sekolahnya. Mendengar itu, istri Seibert menyarankan ibu David untuk mempertemukan David dengan suaminya.

Singkat cerita, David pun menyambangi kantor Seibert di kawasan Park Avanue. Kepada Seibert, dia mengatakan ingin belajar soal engineering. Akhirnya, Seibert menerima David untuk magang sebagai asistennya.

Suatu hari, David datang ke kantor Seibert dan mengatakan akan datang ke sana setiap hari karena dia sudah drop out dari SMA. Seibert tahu David gemar mengutak-atik komputer dan mengerti HTML. Akhirnya, dia meminta David membangun website untuk perusahaan barunya, Next New Networks, yang bergerak di bidang video production.

Seibert bercerita, David memberi tahu dia tentang bagaimana orang-orang akan menonton video di masa depan. Saat itu, Apple baru akan merilis iPod video. Berkat wawasan dari David itu, Next New Networks bisa menjadi salah satu produk video pertama di iTunes, hingga akhirnya diakuisisi oleh Google melalui YouTube.

Hingga kini, kerja sama antara Seibert dengan David masih terjalin. Seibert bahkan tercatat sebagai investor di Tumblr dan duduk di jajaran direksi perusahaan tersebut.

Drop Out SMA

David adalah anak yang cerdas. Dia pendiam dan cenderung tertutup. Hal itu pun diakuinya sendiri. Dia lebih suka datang lebih pagi ke kantor untuk bekerja dengan tenang.

"Saat di mana saya merasa paling produktif adalah ketika saya tenggelam dalam kode, tenggelam dalam beberapa proyek, dan mengutak-atik desain," kata David dalam sebuah acara F.ounders Conference yang berlangsung di New York.

Ketika remaja, kebanyakan waktunya dia habiskan untuk bermain dengan komputernya di kamar. Melihat David "lengket" dengan komputer, alih-alih menyuruh anaknya bermain di luar rumah dan menghirup udara segar, sang ibu malah menyarankan anaknya itu untuk drop out dan mengikuti "homeschooling".

"Aku melihat dia di sekolah seharian dan menghabiskan waktunya semalaman di depan komputer," kata ibu David seperti dikutip dari NYTimes. "Sangat jelas bahwa David membutuhkan ruang untuk menghidupkan passion-nya, yakni komputer," lanjut ibunya.

Pada usia 15 tahun, akhirnya David drop out dari Bronx High School of Science. Selama 3 tahun berikutnya, dia menjalani homeschooling.

Sukses di Usia Muda

Ketika usianya beranjak 18 tahun, David memutuskan untuk langsung menapaki dunia kerja. Dia sempat pergi ke Tokyo, Jepang, untuk bekerja di sebuah startup (perusahaan rintisan) bernama UrbanBaby, yang menyediakan layanan online parenting bagi para orangtua. Ketika para remaja sepantarannya belajar di bangku kuliah, David sudah menjabat sebagai Head of Product di UrbanBaby.

Pada tahun 2006, CNET Networks mengakuisisi UrbanBaby. David kembali ke AS. Jabatan terakhirnya ketika itu adalah CTO (chief technology officer) di UrbanBaby. Setelah akuisisi itu, pada tahun yang sama, David mengundurkan diri dan membangun sebuah perusahaan konsultan miliknya sendiri. Perusahaan itu bernama Davidville. Salah satu proyek yang dia kerjakan di Davidville adalah layanan blog sederhana yang berkembang menjadi Tumblr.

Sebelum Yahoo mengumumkan membeli Tumblr, layanan blogging tersebut sudah bernilai lebih dari 200 juta dollar AS. Tetapi, hal itu tidak membuat David hidup dalam kemewahan. Sehari-hari, David lebih suka mengendarai Vespa dari tempat tinggalnya di kawasan Brooklyn menuju markas Tumblr di New York. David yang bertubuh tinggi ramping juga lebih suka tampil casual dalam balutan jeans, T-shirt, dan sneakers.

Sosok David yang baru berusia 26 tahun kian disorot ketika berita tentang Yahoo yang tertarik membeli Tumblr mulai mengemuka. Kini, setelah Yahoo membeli Tumblr, David pun resmi masuk ke dalam kelompok kecil entrepreneur muda kaya raya yang usianya di bawah 30 tahun, menemani pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Sumber: kompas.com

Ini Daftar Lengkap Korban Runtuhnya Terowongan Freeport

Posted: 21 May 2013 08:44 PM PDT

DETIKPOS.net - Tepat sepekan setelah atap terowongan tambang bawah tanah Big Gossan runtuh pada Selasa (14/5/2013), seluruh korban yang tertimbun reruntuhan sudah dievakuasi, Selasa (21/5/2013). PT Freeport Indonesia pun menyatakan proses evakuasi secara resmi dinyatakan selesai pada hari itu pukul 23.00 WIT.

Berikut adalah daftar nama para korban reruntuhan terowongan yang berlokasi di Mil 74 Distrik Tembagapura, Timika, Papua.

Korban selamat:
1.Ahmad Rusli
2. Muhtadi
3. Hasbullah
4. Florentinus Kakupu
5. Towali
6. Andarias Msen
7. Rudi Sitorus
8. Alham
9. Kenny Wanggai
10. Leonardus Spartan

Meninggal dunia:
1. Mateus Marandof
2. Selpianus Edoway
3. Yapinus Tabuni
4. Rooy Kailuhu
5. Aan Nugraha
6. Jhoni Tulak
7. Aris Tikupasang
8. Viktoria Sanger
9. Retno Arung Bone
10. Artinus Magal
11. Hengky Ronald Hendambo
12. Frelthon Wantalangi
13. Johni Michael Ugadje
14. Muntadhim Ahmad
15. Ma'mur
16. Petrus Frengo Marangkerena
17. Petrus Padak Duli
18. Suleman
19. Amir Tika
20. Gito Sikku
21. Lewi Mofu.
22. Lestari Siahaan
23. Herman Susanto
24. Daniel Tedy Eramuri
25. David Gobai
26. Febry Tandungan
27. Ferry Edison Pangaribuan
28. Wandi

Seperti diberitakan sebelumnya, atap terowongan tersebut runtuh sekitar pukul 07.30 WIT, menimpa ruang kelas 11 QMS Underground. Pada waktu itu, 40 orang berada di ruang kelas, tetapi dua orang bisa menyelamatkan diri. Kedua orang yang lolos pada kesempatan pertama adalah instruktur kelas, Kristian Sitepu, dan peserta pelatihan yang duduk di dekat pintu, Tito. Sementara 38 orang lain tertimbun runtuhan bebatuan yang diperkirakan beratnya tak kurang dari 500 ton.

Berdasarkan keterangan sementara yang dihimpun dari para korban selamat, sebelum kejadian runtuhnya atap terowongan, dari plafon ruangan terdengar tikus berlarian. Tak berselang lama, tiba-tiba ruang kelas tertimbun reruntuhan bebatuan.

Sumber: kompas.com

Heroik! 3 Siswa SMP di Bogor Selamatkan Gadis 14 Tahun dari Pemerkosaan

Posted: 21 May 2013 08:21 PM PDT

DETIKPOS.net - 3 Siswa SMP di Ciawi, Bogor menyelamatkan kehormatan seorang gadis 14 tahun dari aksi bejat tukang ojek berinisial A (16). 3 Siswa SMP itu, Aziz (15), Abdulrahmah (13), dam Ilham (13) menyerang A dan memukulinya kala melihat A menindih gadis itu di perkebunan.

"Jadi 3 siswa SMP itu lagi melintas di perkebunan. Kemudian mendengar suara teriakan perempuan meminta tolong, mereka melihat A hendak memperkosa korban. Mereka kemudian mencegahnya," jelas Kapolsek Ciawi Kompol Sugianto saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (22/5/2013).

Peristiwa itu terjadi pada Senin (20/5) siang. Gadis itu sejatinya hendak diantar pulang ke rumahnya. Pacar sang gadis menitipkan dia ke tukang ojek. Tapi di tengah jalan, tukang ojek itu malah belok ke perkebunan dan hendak melakukan upaya pemerkosaan.

Menurut Sugianto, 3 Siswa SMP itu langsung menyerang pelaku yang tengah berada di atas tubuh korban yang menangis dan meronta-ronta.

"Aksi pelaku dicegah para siswa itu. Ya ada pemukulan, tapi tidak parah," jelas Sugianto.

Para siswa SMP itu kemudian membawa pelaku ke satpam perkebunan. Satpam bersama warga membawa pelaku ke Polsek Ciawi.

"Korban sudah bersama orang tuanya, tidak ada pemerkosaan. Jadi hanya upaya percobaan saja," tutur Sugianto.

Sumber: detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar