Welcome

menu

Detik Pos Indonesia

Jumat, 24 Mei 2013

Detik Pos Indonesia


Hitung Cepat: Pasangan AJI Unggul di Pilkada Kota Malang

Posted: 23 May 2013 08:59 PM PDT

DETIKPOS.net - Dari hasil hitung cepat (quick count) pemilihan kepala daerah Kota Malang, Jawa Timur, yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI), pasangan Muhammad Anton-Sutiaji (AJI) yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra meraih 48,15 persen suara.

Dari konferensi pers di Hotel Santika, Kota Malang, Kamis (23/5/2013) pada pukul 16.16 WIB, Manajer Riset LSI Setia Darma mengatakan, jumlah sampel yang diambil sebanyak 223 TPS. "Sampelnya proporsional, tergantung banyaknya pemilih di masing-masing kelurahan. Adapun margin of error-nya, 1 persen," jelasnya.

Pilkada Kota Malang diikuti enam pasangan yang memperebutkan 612.565 suara. "Hasil quick count LSI, untuk pasangan nomor urut 1, yakni Dwi Cahyono-M Uddin, mendapat 5,69 persen suara, pasangan Sri Rahayu-Priyatmoko Oetomo meraih 21,61 persen," kata Setia.

Pasangan Heri Pudji Utami (Dadi) meraih 18,14 persen suara. Pasangan Mujais-Yunar Mulya (Raja) mendapatkan 2,44 persen suara. "Sedangkan pasangan Agus Dono-Arif HS (Doa) meraih 3.97 persen suara, dan untuk pasangan AJI, meraih 48,15 persen suara," katanya.

Dari hitung cepat tersebut, kata Setia Darma, hasil yang bisa berubah kemungkinan pada pasangan Mujais-Yunar Mulya dari calon independen, Agus Dono-Arif HS, dan Dwi Cahyono-M Uddin. "Hal itu melihat margin of error-nya," kata dia.

Setia menjelaskan bahwa tingkat partisipasi pemilih sebanyak 62,81 persen dari 612.565 pemilih. "Adapun data yang masuk sampai pukul 15.25 WIB sebanyak 99.10 persen," ungkap Setia seraya menambahkan bahwa pasangan AJI diketahui unggul di semua kecamatan di seluruh Kota Malang

Pada kesempatan yang sama, Direktur Strategi LSI Agus Tinus Budi Praseyo mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan sebelumnya, pasangan AJI unggul karena warga Kota Malang belum bersedia dipimpin seorang perempuan. "Tapi, menginginkan pemimpin laki-laki," katanya.

Selain itu, hawa perubahan yang diusung pasangan AJI masih diharapkan warga Kota Malang. "Dan tingkat popularitas, Abah Anton mengungguli calon lain. Terakhir pada tingkat pengenalan cukup unggul dan warga juga menyukai karena Abah Anton banyak bukti," katanya.

Sumber: kompas.com

Hindari 5 makanan yang bikin perut kembung!

Posted: 23 May 2013 08:46 PM PDT

DETIKPOS.net - Perut kembung akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Masalah kesehatan ini terjadi karena adanya gas berlebih di dalam usus. Sembelit, makan terlalu banyak, kebiasaan makan yang buruk, menelan udara, sindrom iritasi usus dan PMS (Premenstrual Syndrome) adalah penyebab umum dari kembung. Makanan tertentu juga dapat menyebabkan perut kembung karena kelebihan gas di usus. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari karena dapat menyebabkan perut kembung, seperti dilansir Boldsky.

1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh meski rasanya lezat. Namun, makanan pedas mengganggu proses pencernaan dan juga dapat menyebabkan peradangan pada lambung.

2. Kubis

Ini adalah salah satu makanan yang dapat menghasilkan gas karena dicerna secara perlahan sehingga menyebabkan kembung

3. Makanan yang digoreng

Makanan berminyak tidak dapat dicerna dengan mudah sehingga menyebabkan gas dan kembung.

4. Garam

Makanan tinggi natrium dapat menahan air di dalam tubuh yang menyebabkan perut terasa kembung. Hindari makanan asin seperti makanan olahan.

5. Produk susu

Intoleransi laktosa juga dapat meningkatkan risiko perut kembung. Jadi, sebaiknya hindari semua produk susu jika Anda menderita intoleransi tersebut.

Inilah beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut kembung. Anda tetap bisa mengonsumsinya tetapi dalam jumlah terbatas.

Sumber: merdeka.com

Soekarno akan menangis tahu kekayaan Papua habis dikeruk Amerika

Posted: 23 May 2013 08:24 PM PDT

DETIKPOS.net - Presiden Soekarno tahu kapitalisme pertambangan akan menerkam Indonesia bulat-bulat. Maka sejak awal Soekarno tak mau ada pemodal asing berkuasa. Dia menolak saat para pengusaha Amerika Serikat hendak membuka usaha tambang di Papua.

Tahun 1961, Soekarno berpendapat baru 20 tahun kemudian pemerintah bisa mengeluarkan izin perusahaan tambang asing beroperasi. Berarti sekitar tahun 1981. Saat itu Soekarno yakin Indonesia sudah memiliki ahli-ahli pertambangan sendiri sehingga tak hanya jadi jongos, tetapi bisa menjadi rekan. Para pengusaha asing pun tak bisa mengeruk kekayaan alam seenaknya.

Menurut sejarawan Asvi Marwan Adam, Soekarno benar-benar ingin sumber daya alam Indonesia dikelola oleh anak bangsa sendiri. Asvi menuturkan sebuah arsip di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengungkapkan pada 15 Desember 1965 sebuah tim dipimpin oleh Chaerul Saleh di Istana Cipanas sedang membahas nasionalisasi perusahaan asing di Indonesia.

Soeharto yang mendukung pemodal asing, datang ke sana menumpang helikopter. Dia menyatakan kepada peserta rapat dia dan Angkatan Darat tidak setuju rencana nasionalisasi perusahaan asing itu.

"Soeharto sangat berani saat itu, Bung Karno juga tidak pernah memerintahkan seperti itu," kata Asvi saat dihubungi merdeka.com.

Dalam artikel berjudul JFK, Indonesia, CIA, and Freeport dterbitkan majalah Probe edisi Maret-April 1996, Lisa Pease menulis pada awal November 1965, Langbourne Williams, ketua dewan direktur Freeport, menghubungi direktur Freeport, Forbes Wilson.

Williams menanyakan apakah Freeport sudah siap melakukan eksploitasi di Papua. Wilson hampir tidak percaya mendengar pertanyaan itu. Dia berpikir Freeport akan sulit mendapatkan izin karena Soekarno masih berkuasa.

Kekuasaan Soekarno berakhir setelah peristiwa 30 September. Jenderal Soeharto memulai rezim baru. Setelah dilantik, Soeharto segera meneken pengesahan Undang-undang Penanaman Modal Asing pada 1967. Freepot menjadi perusahaan asing pertama yang kontraknya ditandatangani Soeharto.

Sejak itulah Freeport mengeruk kekayaan alam Papua.

Freeport Indonesia telah menjual 915.000 ons atau setara 28,6 ton emas dan 716 juta pon (358 ribu ton) tembaga dari tambang Grasberg di Papua. Hasil penjualan emas itu menyumbang 91 persen penjualan emas perusahaan induknya.

Berdasarkan laporan keuangan Freeport McMoran, total penjualan emas Freeport sebanyak 1,01 juta ons (31,6 ton) emas dan 3,6 miliar pon ( 1,8 juta ton) tembaga. Penjualan tembaga asal Indonesia menyumbang seperlima penjualan komoditas sejenis bagi perusahaan induknya.

Laba Freeport naik sekitar 16 persen pada kuartal keempat tahun lalu menjadi USD 743 juta (Rp 7,2 triliun). Total pendapatan juga meningkat menjadi USD 4,51 miliar dari USD 4,16 miliar pada periode sama tahun sebelumnya.

Ironisnya, Freeport hanya memberikan royalti satu persen dari hasil penjualan emas dan 3,75 persen masing-masing untuk tembaga dan perak. Kewajiban terbilang sangat rendah dibanding keuntungan diperoleh Freeport.

Kontrak Karya Freeport Indonesia di tambang Garsberg akan habis pada 2021. Freeport mendapat kesempatan memperpanjang kontrak dua kali 10 tahun setelah durasi kontrak pertama, 30 tahun, berakhir. Freeport mendapatkan hak kelola tambang di Mimika pada 1991. Akankah dengan renegoisasi Indonesia akan mendapat sesuatu yang lebih?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik terang-terangan menyebut Freeport masih enggan membahas renegosiasi kontrak bagi hasil tambang. Pemerintah Indonesia seolah tak berkutik diatur Freeport.

"Renegosiasi itu sulit, diucapkan saja sulit, apalagi mengerjakan. Tapi kita berjalan terus dengan Freeport, Newmont, Vale, dan tambang-tambang lain," ujar Jero saat jumpa pers di kantornya, Rabu (22/5).

Hebatnya Freeport, mereka juga bisa menolak permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan mengirim menteri ESDM dan menakertarns mengusut lokasi longsor tambang yang menewaskan 28 pekerja. Entah kenapa SBY menurut saja ketika Freeport menolak dua pejabat itu.

"Semula menteri ESDM, Tenaga Kerja akan berangkat ke lokasi. Tapi permintaan dari Freeport di Tembagapura, sementara mereka ingin fokus, konsentrasi untuk jalankan tugas. Dan memohon kepada Jakarta agar kehadiran pejabat dari Jakarta menunggu beberapa saat sampai situasinya tepat," kata SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5).

Luar biasa, menolak permintaan presiden saja Freeport berani.

Kalau Soekarno melihat kekayaan alam dikeruk luar biasa, pejabat Indonesia dilecehkan oleh Amerika Serikat dan kapitalisme mengoyak Papua, pasti Soekarno akan menangis.

Sumber: merdeka.com

Siswi SMA 4 Denpasar raih nilai UN tertinggi

Posted: 23 May 2013 08:02 PM PDT

DETIKPOS.net - Para siswa-siswi tingkat SMA sederajat hari ini sedang harap-harap cemas. Pihak sekolah akan menyampaikan pengumuman hasil ujian nasional 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, keterlambatan UN di 11 provinsi tidak mempengaruhi pelaksanaan UN secara keseluruhan.

"Saya yakin akan ada pertanyaan mengenai nasib dari 11 provinsi yang sebelumnya mengalami penundaan UN. Kita bisa lihat dari hasil UN, persoalan yang terjadi sepanjang UN kemarin tidak mengganggu dari sisi kelulusan, dan itu artinya tidak terganggu dari sisi pelaksanaannya," kata Nuh di kantornya, seperti dikutip Antara, Kamis (24/5) kemarin.

Menurut dia, tingkat kelulusan UN untuk siswa SMA dan sederajat di 11 provinsi yang mengalami penundaan cenderung stabil jika dibandingkan dengan tingkat kelulusan UN tahun lalu.

"Contohnya, di Sulawesi Selatan tingkat kelulusan tahun ini 99,12 persen dan tahun lalu 99,91 persen. Di Kalimantan Selatan tahun ini kelulusan mencapai 99,03 persen, sebelumnya 99,87 persen. Memang ada penurunan tetapi tidak terlalu signifikan," katanya.

Di NTB, lanjut dia, tingkat kelulusan UN SMA 99,24 persen pada tahun lalu dan tahun ini malah naik menjadi 99,84 persen. "Jadi, yang dihebohkan tentang LJUN (lembar jawaban ujian nasional) yang tipis ataupun fotokopi dan sebagainya, itu semua bisa diselesaikan," ujarnya.

Mendikbud memaparkan, jumlah peserta UN SMA/MA tahun ajaran 2012-2013 adalah 1.581.286 siswa, dan siswa yang dinyatakan lulus UN berjumlah 1.573.036 siswa, sedangkan yang tidak lulus berjumlah 8.250 siswa.

Hal itu, kata dia, menunjukkan tingkat kelulusan UN SMA/MA tahun ini mencapai 99,48 persen, dan persentase ketidaklulusannya adalah 0,52 persen.

"Berarti persentase kelulusan tahun 2013 ini turun 0,02 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 99,5 persen," jelasnya.

Selain itu, Nuh memaparkan jumlah peserta UN SMK sebanyak 1.106.140, dan siswa yang dinyatakan lulus UN SMK berjumlah 1.105.539 siswa, sedangkan yang tidak lulus berjumlah 601 siswa.

"Berarti tingkat kelulusan untuk UN SMK tahun ini juga sangat tinggi, yaitu 99,95 persen sehingga yang tidak lulus hanya 0,05 persen. Tingkat kelulusan ini pun lebih tinggi 0,23 persen dibanding tahun 2011 yang hanya mencapai 99,72 persen," katanya.

Sementara untuk pelajar dengan nilai tertinggi, berdasarkan data yang dimiliki Kemendikbud, diraih oleh Ni Kadek Vani Apriyanti dari SMA Negeri 4 Denpasar.

Vani mendapatkan nilai tertinggi yakni 9,87. SMA Negeri 4 Denpasar sendiri berhasil menempatkan lima siswanya di 12 peringkat teratas.

Berikut nama 10 siswa peraih nilai Ujian Nasional murni SMA tertinggi:
1. Ni Kadek Vani Apriyanti (SMA Negeri 4 Denpasar Bali) nilai 9,87.
2. Aditya Agam Nugraha (SMA Negeri 1 Surakarta, Jateng) nilai 9,78.
3. Helena Marthafriska Saragi Napitu (SMA Swasta Methodist 2, Medan) nilai 9,78.
4. Made Hyang Wikananda (SMA Negeri 4 Denpasar Bali) nilai 9,76.
5. Luh Putu Lindayani (SMA Negeri 4 Denpasar Bali) nilai 9,76.
6. Elva Vidya (SMA Kristen 5 BPK Penabur, Jakarta) nilai 9,75
7. Gracia Isaura Raulina (SMA Negeri 8 Jakarta) nilai 9,75
8. Putu Siska Apriliyani, (SMA Negeri 4 Denpasar Bali) nilai 9,75
9. Nadia Anindita Vandari (MAN Insan Cendekia, Serpong, Banten) nilai 9,75
10. Sarah Alya Firnadya, (SMA Negeri 8 Jakarta) nilai 9,73.

Sumber: merdeka.com

Ini Dia Ular Terpanjang di Dunia

Posted: 23 May 2013 08:03 PM PDT

DETIKPOS.net - Baru-baru ini seorang pria Florida menemukan ular piton Burma dengan panjang 5,7 meter sekaligus mengalahkan rekor piton Burma terpanjang sebelumnya: ular yang tertangkap pada bulan Agustus 2012 sepanjang 5,4 meter.

Jason Leon (23), pemuda yang secara tak sengaja menemukan ular tersebut saat sedang mengemudikan mobilnya pada larut malam di area pedesaan Miami, Dade County, Florida. Meski sedikit mengalami pergumulan saat berusaha menaklukkan dan menangkap piton tersebut, Leon tak mengalami cedera yang berarti. Ketika ular mulai melilit kakinya dan mengancam jiwanya, ia pun segera meminta bantuan orang lain.

Dengan menggunakan pisau, orang-orang berusaha membantu untuk membunuh piton hingga akhirnya melepaskan lilitannya dari kaki Leon. Leon menjadi salah seorang yang berjasa membantu menangkap reptil panjang dari padang gurun Florida, di mana keberadaan piton menjadi salah satu masalah serius di Florida. Piton Burma menjadi teror tersendiri bagi warga karena termasuk hewan liar invasif, yang mana dapat mengancam jiwa seseorang tanpa terduga.

Piton Burma (Python bivittatus) berasal dari India dan Asia Timur merupakan salah satu dari sembilan spesies ular constrictor, yang jumlahnya sekitar satu juta dan telah diimpor ke Amerika Serikat sejak tiga dekade lalu. Hewan ini memang dapat tumbuh hingga 6 meter, dan tak sedikit di antara mereka yang telah kabur atau melarikan diri dari habitat mereka di alam liar. Mereka sangat menyukai Everglades, daerah subtropis basah di bagian selatan Florida.

Saat belum tumbuh sempurna piton dimangsa oleh spesies lain, tapi saat mereka mencapai ukuran yang sempurna mereka tidak memiliki predator di alam dan dapat mendatangkan malapetaka bagi ekosistem asli. "Piton Burma dapat memangsa para mamalia kecil, reptil lainnya, dan burung. Mereka juga memangsa satwa liar untuk dijadikan sumber makanan mereka," tutur Carli Segelson, juru bicara Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC).

Sifatnya yang menyerang menjadikan keberadaan piton Burma masalah besar karena dapat meneror siapa pun dengan tiba-tiba. Atas alasan tersebut maka FWC mengadakan acara tahunan menangkap ular piton untuk mengurangi populasinya di alam liar. Yang dapat mengumpulkan ular akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Dalam tantangan menangkap piton yang diadakan tahun ini, di Florida telah terjaring 68 ekor piton. "Ekosistem Everglades merupakan habitat yang sangat penting bagi hewan. Tidak ada yang seperti ini di seluruh negeri," kata Segelson. Pihak FWC terus bekerja sama dengan ahli ular dan pemburu berlisensi untuk mengurangi populasi piton Burma terutama yang berada di Florida Selatan yang jumlahnya berlimpah.

Sumber: kompas.com

Jadi Penari Striptis, Jennifer Aniston Pamer Underwear di 'We're The Millers'

Posted: 23 May 2013 08:04 PM PDT

DETIKPOS.net - Setelah 'Wanderlust', aktris Jennifer Aniston akan kembali menyuguhkan aktingnya di film terbarunya, 'We're The Millers'. Di film itu, Jennifer berperan sebagai seorang penari striptis.

Seperti dilansir The Sun, Jumat (24/5/2013), berakting sebagai penari striptis bernama Rose, Jennifer tampil dengan busana yang sangat minim di beberapa adegan film komedi itu.

Di salah satu foto adegan film itu yang beredar baru-baru ini, Jennifer yang kini berusia berusia 44 tahun itu nampak memamerkan lekuk tubuhnya hanya dengan mengenakan underwear berwarna krem.

'We're The Millers' adalah film komedi yang disutradarai oleh Rawson Marshall Thurber. Selain Jennifer, film itu juga dibintangi Jason Sudeikis dan Emma Roberts.

Film itu pun dijadwalkan rilis di bioskop di Amerika Serikat pada 9 Agustus mendatang.

Sumber: detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar