Berapa Jumlah Pertambahan Motor di Jalanan Jakarta Tiap Hari?
Hampir setiap hari jutaan pengendara motor dan mobil memadati jalanan di wilayah Jakarta. Keadaaan tersebut membuat jalanan Jakarta terkadang tak mampu menampung banyaknya motor yang melintas. Akibatnya, macet pun terjadi di hampir setiap jalanan ibu kota, khususnya saat jam berangkat dan pulang kantor.
Berdasarkan catatan Pemprov DKI Jakarta, setiap hari setidaknya ada 1.100 pertambahan kendaraan di Jakarta. "Pertumbuhan itu didominasi sepeda motor sebanyak 900 kendaraan," kata Deputi Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi Pemprov DKI Jakarta, Soetanto Soehodho, di acara diskusi di Hotel Oriental,
Soetanto mengatakan, banyak solusi untuk mengatasi persoalan kemacetan tersebut. Di antaranya dengan memperbaiki sistem transportasi massal atau menerapkan traffic management. "Seperti mengatur jam sekolah lebih awal, pembatasan jam operasional angkutan berat di tol dalam kota, atau mengatur pelat nomor kendaraan bermotor ganjil genap untuk melintas di jalanan ibu kota," katanya.
Hal itu perlu dilakukan untuk mengatur agar jalan tidak digunakan oleh semua yang memerlukan pada saat bersamaan.
Alternatif solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemacetan, kata Soetanto, bisa dilakukan terakhir adalah perluasan infrastruktur. "Tapi perluasan infrastruktur itu mahal belum lagi harus berhadapan dengan pembatasan ruang terbuka hijau, lebih baik mengoptimalkan infrastruktur yang ada," ungkapnya.
Lagipula, lanjutnya, pembangunan infrastruktur baru dinilainya hanya akan menumbuhkan pusat-pusat kemacetan baru. "Kalau kita memberi kemudahan maka kemudahan tadi dimanfaatkan, seperti penambahan dan peluasan jalan tetap saja akan dipenuhi orang," tandasnya